C.A.R. Bali
12/05/17 · 13,519 Views · Febrina Anindita

Teks: Anindita Salsabila

Pulau Dewata lagi-lagi membawa kabar membanggakan untuk Indonesia yang patut diacungi jempol. Belum lama ini, sebuah kolaborasi antar komunitas seni Circle Art Residency (C.A.R. Bali) dan Cata Odata (melalui program CO.LAB) terjalin dalam sebuah program bertajuk “Artist Residency.” Kegiatan yang melibatkan 6 seniman berbasis London, yakni Vanja Karas, Marie-Louise Jones, Max Maxwell, Marisa Polin, Susanna Sanroman dan Ramachandra Selvam, akan dilangsungkan selama 1 bulan di Ubud.

C.A.R. – sebuah badan seni nomaden yang menjalin kerja sama dengan seniman dan organisasi lokal di berbagai belahan dunia, turut aktif dalam misinya mengembangkan jiwa seni seseorang melalui kolaborasi antarbudaya. Dengan dimulainya kegiatan ini pada tanggal 13 November 2017, program ini berhasil melibatkan para seniman melalui beberapa rancangan kegiatan kreatif seperti kunjungan ke studio seni, diskusi terbuka antar seniman dan komunitas lokal serta loka karya seni konseptual dan eksplorasi spasial berupa mentorship dan praktek kuratorial yang ditujukan untuk umum.

Sebelum mengakhiri program “Artist Residency”, panitia menyusun sebuah sesi Artist Talk dan diskusi terbuka terakhir yang akan dilaksanakan pada hari Selasa, 5 Desember 2017 di Ketemu Project Space, Batubulan – sebuah perkumpulan yang menggabungkan seni kolektif dan wirausaha sosial, berkecimpung dalam menciptakan dinamika pengalaman seni di dalam kehidupan sehari-hari. Seniman visual serta pendiri Ketemu Project, Budi Agung Kuswara dan Samantha Tio, akan memandu sesi diskusi “Ketemu Aja!” yang akan diisi pula oleh fotografer dan seniman visual asal Bali, DP Arsa dan Gentur Suria. Sementara dari sisi C.A.R., sesi diskusi akan diisi oleh Susanna Sanroman peraih “Photographer of The Year 2016″ dan Vanja Karas, seniman berlatar belakang seni drama teaterikal dan fotografer pendiri Magenta Grove London. Dengan latar belakang seniman yang berbeda-beda, pendengar akan disuguhkan berbagai sudut pandang dalam seni – memicu seseorang agar lebih open-minded.

Sebagai penutup “Artist Residency”, pameran seni akan diselenggarakan pula pada tanggal 8-9 Desember 2017 di Cata Odata dan akan menampilkan sejumlah karya 6 seniman C.A.R. tersebut. Karya-karya yang mengimplementasikan medium suara, pahatan, instalasi, fotografi dan lukisan disusun dari nol di Ubud beserta pemilihan serta pencarian materinya.

-

Circle Art Residency (C.A.R. Bali)
8-9 December 2017

Cata Odata
Jl. Penestanan Kelod, Ubud
(Opp. Pura Dalam Penestanan Kelod)

Related Articles
view all
Quick Review: GLOW
07/03/17 · 16,240 Views
Konsep Musik Versi Sattle
04/28/17 · 18,101 Views
Pulang Bersama “Untuk Selalu”
04/18/16 · 20,881 Views
Subscribe to Our Newsletter