Rahasia Raf Simons dan Andy Warhol Foundation

Fashion
08.12.17

Rahasia Raf Simons dan Andy Warhol Foundation

Raf Simons dipercayakan oleh Calvin Klein, mengimplementasikan ketertarikannya dengan gaya Americana dalam rancangannya.

by Febrina Anindita

 

Perbedaan kebangsaan tampaknya tidak mempengaruhi perancang asal Belgia, Raf Simons – yang baru-baru ini dipercayakan oleh Calvin Klein, mengimplementasikan ketertarikannya dengan gaya Americana dalam rancangannya. Setelah sebelumnya memproyeksikan gaya ini melalui pameran koleksi Spring-Summer 2018 dengan dekorasi yang disulap oleh Sterling Ruby, alas kaki bergaya ala film Friday the 13th, Simons memperpanjang kontrak kerja samanya dengan Andy Warhol Foundation.

Jika pada umumnya orang hanya menikmati keindahan karya Andy Warhol dari estetika visualnya, Simons mengupas makna terselubung dari karya Warhol yang menciptakan konotasi ‘gelap’ Americana. Hal ini tercermin pada rancangan kemeja dan tas dari brand Calvin Klein yang disisipkan “Knives”, salah satu karya Warhol yang terkenal. Antusiasme Simons tersebut didasari oleh ketransparanan Warhol dalam berkarya. Menurutnya, karya-karya Warhol mampu menyampaikan keadaan sosial di Amerika Serikat semasa hidupnya, bahkan yang tidak umum disadari kebanyakan orang sekalipun.

Tidak heran jika video teaser koleksi Calvin Klein Autumn-Winter 2018 di Instagram memberikan akses kepada penggemar fashion untuk mengintip karya Andy Warhol yang Simons sisipkan pada rancangan pakaiannya. Selain itu, para penggemar Warhol juga akan dikagetkan dengan munculnya beberapa karya Sang “King of Pop Art” yang sebelumnya tidak pernah dipamerkan di koleksi AW2018 pada Februari tahun mendatang.whiteboardjournal, logo

Tags