Quick Review: Reply 1988

Film
08.01.18

Quick Review: Reply 1988

Dengan latar belakang sosial dan ekonomi yang berbeda, lima sahabat berusaha menghadapi berbagai konflik di antara mereka maupun konflik yang mereka temui dalam hidup.

by Febrina Anindita

 

Teks: Anindita Salsabila
Foto: Google

Maraknya Korean Pop tidak hanya dirasakan oleh blantika musik dunia. Fenomena tersebut mulai merambah industri filmmaking dan sekarang lebih dikenal sebagai sebuah kategori tambahan dalam perfilman, yaitu drama Korea. Reply 1988; yang merupakan bagian dari sebuah trilogi drama keluarga, Reply asal Korea Selatan, diproduksi 2 tahun yang lalu. Meskipun demikian, serial drama ini mampu menggaet penonton hampir dari seluruh dunia. Kemampuan para tim produksi serial drama ini tidak hanya menawarkan hiburan kepada penontonnya, tetapi juga teka-teki yang membuat penonton gemas dan dikemas tanpa melupakan nilai-nilai sejarah negara.

Berlatar belakang di kota Seoul pada tahun 1980-an, Reply 1988 diawali dengan cerita tentang kehidupan 5 keluarga yang mencoba menghadapi kerasnya hidup ketika Korea Selatan menghadapi krisis moneter. Plot dari serial drama ini dibuat serealistis mungkin sesuai dengan sejarah yang ada, kemudian dikembangkan melalui pertemuan para tokoh dengan konflik-konflik eksternal maupun internal ketika mereka beranjak dewasa. Sejumlah konflik yang berkisar sekitar permasalahan dalam keluarga, persahabatan dan cinta membuat penonton mengocok perut, terkadang geram hingga menangis pilu.

Meskipun begitu, daya tarik utama trilogi drama ini adalah kemampuannya menyusun teka-teki yang membuat penonton bertanya-tanya, “Siapa suaminya?” Dalam memecahkan teka-teki ini, Reply 1988 membimbing para penonton untuk memperhatikan 2 pemeran utama laki-laki – yang pada akhirnya diperkenalkan sebagai suami si pemeran utama, Deok Sun. Seiring berjalannya cerita, perwatakan kedua tokoh tersebut semakin mirip sehingga penonton sulit membedakan dan tidak yakin akan “jagoannya.”

Serial drama Reply 1988 adalah satu dari sekian drama Korea yang patut diacungi jempol karena kemampuannya memuat nilai-nilai moral dan sejarah agar menarik ditonton dan tidak hanya memikirkan tujuan komersil saja. Apalagi, bagi para penggemar teknik videografi yang artistik, serial ini juga mampu mencuci mata para penonton dengan tata letak serta teknik kamera yang sinematis.

Quick Review Reply 1988: 5/5

Reply 1988 (2015)
Sutradara: Shin Won Ho
Sinopsis: Diawali dengan pemeran utama perempuan, Deok Sun yang menjadi pembawa bendera Korea Selatan di 1988 Summer Olympics – yang berlokasi di Seoul, Korea Selatan, selalu didukung oleh 4 sahabat kecil laki-lakinya; Jung Hwan, Taek, Sun Woo dan Dong Ryong. Dengan latar belakang sosial dan ekonomi yang berbeda, kelima sahabat ini berusaha menghadapi berbagai konflik di antara mereka maupun konflik yang mereka temui dalam hidup.whiteboardjournal, logo

Tags