Rumah Tak Kasat Mata

Design
24.12.17

Rumah Tak Kasat Mata

Bangunan satu lantai yang terletak di utara kota Meksiko ini sesaat tidak dapat terlihat mata.

by Febrina Anindita

 

Teks: Ranti Ekaputri
Foto: Dezeen

Bangunan satu lantai yang terletak di utara kota Meksiko ini sesaat tidak dapat terlihat mata. Ia menyembunyikan dirinya di antara pepohonan dengan pantulan cermin, seperti halnya trik pesulap. Dirancang oleh arsitek asal Meksiko, Tatiana Bilbao, bangunan berdinding cermin ini merupakan satu dari dua massa yang membentuk rumah peristirahatan “The Terrains.”

Bangunan berdinding cermin merupakan massa utama yang berfungsi sebagai dapur, ruang makan, dan living room. Desainnya dibuat sederhana dengan bentuk segi empat dan atap miring. Setengah wajah bangunan dilapisi cermin, memantulkan refleksi pepohonan di sekitarnya. Di sisi wajah yang lain, dinding kaca transparan memberikan pemandangan alam yang indah bagi penghuni rumah.

Ekspresi yang berlawanan ditunjukkan di massa kedua yang menampung dua kamar tidur. Terlihat lebih privat dan tertutup, dinding massa ini memakai material bata dan rammed earth. Namun, penghuni juga masih dapat menikmati ketenangan hutan disekitarnya dengan bukaan lebar yang ada di setiap kamar.whiteboardjournal, logo

Tags