Quick Review: Detachment

Film
15.01.18

Quick Review: Detachment

Seorang guru yang menolak memiliki perasaan dan berusaha melarikan diri setiap kalinya. Pada akhirnya, tiga wanita dengan latar belakang berbeda mampu membuatnya berhenti sejenak.

by Febrina Anindita

 

Teks: Anindita Salsabila
Foto: Collider

Wajah Adrien Brody mungkin sudah tidak asing lagi di film-film blockbuster. Aktor peraih Academy Awards ini pernah menghiasi beberapa film Wes Anderson yang cenderung memiliki skema pewarnaan vibrant. Tetapi siapa sangka, Tony Kaye pernah mengajaknya berakting untuk film bernuansa angst garapannya, yakni “Detachment.” Karakter Brody sebagai Henry Barthes digambarkan sebagai sosok guru yang hampir tidak pernah memperlihatkan emosinya, namun penuh perhatian terhadap siswa-siswanya. Menghadapi ketidakstabilan emosi para murid yang berdampak pada perilaku membangkang mereka, Barthes bertekad untuk membantu mereka memahami dunia. Lalu? Terdengar sah-sah saja sepertinya?

Berbeda dengan kebanyakan guru, Barthes memilih untuk pindah tempat mengajar setiap kali ia mulai merasa telah membangun hubungan emosional dengan siapapun yang ada di sekolah tersebut. Pertemuan Barthes dengan tiga sosok wanita; Meredith, Ms. There comes a time in your fishing career when you wonder as to what tool to use as an angler to improve your performance. There are many tools, but you would be looking for tools to consistently match up with your evolving skillset. This is the point where you should look for a good Baitcasting Reel. It as an essential tool and it is the best tool to use if you want to gain more control and precision in your fishing adventure. Baitcasting reels commonly called “baitcasters” are generally considered as the best baitcasting fishing reels and are widely used by anglers who have a solid experience honing up their skill. Madison dan Erica, berhasil menggoyahkan prinsip “detach and launch”-nya. Alur cerita yang dibuat seakan menghindari timbulnya emosi dari dalam dirinya, mengikuti asal mula perasaan yang dibangun secara perlahan tapi pasti – membuat penonton tidak sadar akan perkembangannya.

Melalui film ini, sutradara Tony Kaye menunjukkan bahwa manusia adalah makhluk yang tidak bisa hidup tanpa perasaan. Berlarilah, mengumpatlah, maka itu semua akan sia-sia karena perasaan tidak buta akan tempatnya bersinggah. Pada akhirnya, memang itu bukan pilihan iya, tidak atau di antaranya, melainkan pasti.

Quick Review Detachment: 3.5/5

Detachment (2012)
Sutradara: Tony Kaye
Sinopsis: Seorang guru yang menolak memiliki perasaan dan berusaha melarikan diri setiap kalinya. Pada akhirnya, tiga wanita dengan latar belakang berbeda mampu membuatnya berhenti sejenak.whiteboardjournal, logo

Tags