Quick Review: A Separation

Film
22.01.18

Quick Review: A Separation

Sutradara asal Iran, Asghar Farhadi – peraih berbagai gelar dari berbagai festival film, memberikan sebuah gambaran holistik mengenai permasalahan third-world lewat “A Separation.”

by Febrina Anindita

 

Teks: Anindita Salsabila
Foto: Film Society of Lincoln Center

Banyak orang yang beranggapan bahwa permasalahan strata sosial masih melekat kuat di berbagai negara berkembang. Sutradara asal Iran, Asghar Farhadi – peraih berbagai gelar dari berbagai festival film, memberikan sebuah gambaran holistik mengenai permasalahan third-world lewat “A Separation.”

Sesuai dengan judul, hubungan suami istri yang hampir kandas seolah tidak dibiarkan kandas begitu saja oleh berbagai masalah yang muncul dan melibatkan mereka. Mulai dari keputusan sang istri untuk pindah ke luar negeri hingga sosok pembantu rumah tangga yang religius namun tidak mampu bersumpah di atas Al-Qur’an ketika diminta.

Kedengarannya seperti permasalahan pada umumnya, namun dengan ilustrasi kehidupan antar strata sosial yang kontras serta tetek bengek isu sosial di Iran – disandingkan dengan masalah pribadi yang mereka alami, membuat kehidupan di film ini seakan-akan nyata. Terlebih lagi, banyaknya scene dengan dialog minim memberikan ruang bagi penonton untuk menempatkan diri mereka pada setiap permasalahan yang dihadapi oleh para tokoh.

Quick Review A Separation: 5/5

A Separation (2011)
Sutradara: Asghar Farhadi
Sinopsis: Nader dan Simin dituntut mengesampingkan egoisme mereka masing-masing untuk menyelesaikan tuduhan pembunuhan yang ditujukan oleh Razieh kepada sang suami.whiteboardjournal, logo

Tags