“Apati” oleh Rara Sekar
01/12/18 · 10,086 Views · Febrina Anindita

Teks: Ranti Ekaputri

Bunyi lembut dari perahu motor yang menyusuri sungai, disusul dengan pemandangan hutan bakau di tepinya. Itulah detik-detik awal dari video terbaru yang dirilis Daramuda dalam akun YouTube-nya. Ini adalah video ketiga dari unit tersebut yang merupakan proyek kolaborasi tiga musisi perempuan tanah air, yakni Sandrayati Fay, Danilla Riyadi, dan Rara Sekar. Setelah sebelumnya Sandra dan Danilla merilis video mereka bermusik di alam bebas, kali ini giliran Rara yang bermusik di belantara Makassar, membawakan lagu berjudul “Apati.”

Suasana syahdu amat terasa dalam video ini, baik dari pilihan tempat maupun dari lagu yang dibawakan Rara di atas perahu. Diiringi dentingan sederhana dari gitar akustik yang dimainkannya secara live, “Apati” merupakan manifestasi dari sisi humanis seorang Rara Sekar, di mana liriknya yang puitis menceritakan tentang ketidakadilan dan perjuangan yang dilalui rakyat kecil.

Vokal yang lembut dan cengkok khas dari Rara turut menambah rasa ‘sejuk’ dari lagu ini. Ditambah dengan alunan suara gitar akustik, lagu ini sedikit banyak dapat mengingatkan akan lagu-lagu Banda Neira yang setengahnya memang terdiri dari Rara Sekar sendiri. Namun tentu saja, “Apati” memiliki keunikannya sendiri. Ia menjadi pelengkap lagu-lagu Daramuda yang telah dirilis sejauh ini.

Related Articles
view all
We Discuss #4: Art
10/11/13 · 23,555 Views
Resident Advisor’s Real Scenes: Tokyo
02/11/14 · 20,506 Views
Vibrant Arie Smit
01/22/15 · 32,897 Views
Leftyfish: Singkat, Padat, Eksentrik
12/17/15 · 30,718 Views
Subscribe to Our Newsletter