Jembatan Gantung Tembus Pandang

Design
04.02.18

Jembatan Gantung Tembus Pandang

Hongyagu Suspension Bridge resmi dibuka untuk umum di Hebei, Cina dengan desain transparan terbentang sepanjang 488 meter di atas jurang yang menghubungkan dua tebing di Hongyagu Scenic Park.

by Febrina Anindita

 

Teks: Ranti Ekaputri
Foto: Xinhua

Umum halnya bila saat menyeberangi sebuah jembatan gantung, penyeberang dapat merasakan ayunan dari kabel-kabel penopangnya. Namun, bagaimana bila jembatan gantung seperti itu juga berada 218 meter di atas tanah dengan lantai kaca transparan?

Inilah yang menjadi momok sekaligus juga keunggulan dari Hongyagu Suspension Bridge yang resmi dibuka untuk umum pada tanggal 24 Desember 2017 lalu di provinsi Hebei, Cina. Jembatan ini terbentang sepanjang 488 meter di atas jurang yang menghubungkan dua tebing di Hongyagu Scenic Park. Konstruksi jembatan ini ditopang oleh serangkaian kabel-kabel yang menimbulkan reaksi berayun dari gerakan orang-orang yang menyeberang. Konstruksi ini dikatakan mampu menopang 2,000 orang sekaligus, namun jembatan ini membatasi hanya 600 orang yang dapat menyeberang dalam satu waktu untuk alasan keamanan.

Jembatan ini mengalahkan Zhangjiejie Glass Bridge yang sebelumnya menjadi jembatan dengan lantai kaca terpanjang di dunia dengan panjang 430 meter, meskipun masih kalah tinggi. Meskipun demikian, sensasi menyeberang Hongyagu Suspension Bridge sepertinya akan lebih berkesan dengan perbedaan jarak tempuh lebih dari 50 meter. Tentunya di ketinggian seperti itu, perbedaan jarak itu pun akan terasa sangat signifikan.whiteboardjournal, logo

Tags