Interior Penuh Warna dari Todd James

Art
19.02.18

Interior Penuh Warna dari Todd James

Ciri khas karya seorang Todd James yang paling dapat dikenali adalah penggunaan warna-warna blok dengan kombinasi yang kontras. Bermula dari seorang seniman street art di New York, James sudah melebarkan medianya di atas kanvas, menghasilkan instalasi, dan juga desain.

by Febrina Anindita

 

Teks: Ranti Ekaputri
Foto: It’s Nice That

Ciri khas karya seorang Todd James yang paling dapat dikenali adalah penggunaan warna-warna blok dengan kombinasi yang kontras. Bermula dari seorang seniman street art di New York, James sudah melebarkan medianya di atas kanvas, menghasilkan instalasi, dan juga desain. Banyak karya-karya James tampak terinspirasi dari isu-isu yang disebarluaskan media, seperti dalam salah satu seri lukisannya di mana orang-orang yang ia lukis memegang senapan rifles layaknya tentara dalam medan perang.

Namun kali ini, James memiliki sumber inspirasi berbeda untuk menghasilkan lukisan terbarunya. Ia mengeksplorasi sisi kehidupan sehari-hari yang sering ditemui. Hasilnya, 9 scene interior ia lukiskan di atas kanvas. Masih dengan kombinasi warna-warna yang tidak biasa, James membuat komposisi ruang dengan kursi, meja, vas bunga, rak buku, cangkir, dan perabot rumah tangga lainnya. Tanpa warna gradasi, kedalaman ruang ia sampaikan dengan titik perspektif, bentuk perabot yang beraneka ragam, dan permainan besar-kecil barang.

Seri lukisan ini membuat orang berhenti sesaat dan menggunakan daya amat serta imajinasi mereka untuk kemudian memahami ‘ruangan’ penuh warna yang ia lihat. Saat ini, lukisan interior tersebut tengah dipamerkan di Eighteen Gallery, Copenhagen hingga 24 Februari 2018.whiteboardjournal, logo