Belladonna dari BAP.

03.10.17

Belladonna dari BAP.

by Febrina Anindita

 

Teks: Bintang Adinugroho
Foto: Ancilla Quena

Kareem Soenharjo adalah salah satu nama panas di skena musik hip hop underground. Selain dikenal dengan banyak alias, ia juda salah satu penggerak utama kolektif hip hop Cul De Sac yang sedang ramai di skena lokal. Eksistensi Kareem selama ini memang terbukti lewat talentanya dalam memproduksi lagu dengan nama Yosugi yang sudah menarik perhatian banyak. Tetapi kali ini persona rapper-nya – BAP. – baru saja menunjukkan giginya dengan merilis EP perdana yang berjudul “Belladonna.”

BAP. seperti benar-benar meluapkan semua perasaan dan pikiran yang dipendam selama ini dalam “Belladonna.” Emosional dan intim, EP ini membuka sedikit celah ke dalam hidup seorang Kareem Soenharjo dan mempersilahkan siapapun untuk mengintip. Selain liriknya yang kuat, produksi musik yang baik juga memberikan kesegaran tersendiri. Ia terdengar lebih berjelajah di album ini lewat eksplorasi unsur-unsur trap, boom bap, jazz, funk, dan eksperimental.

Trek yang paling bersinar dari album ini adalah “Heed,” dengan beat ala musik soul 70-an dan lirik yang halus tetapi juga tajam. BAP. mengawali lagu ini dengan paksaan untuk menyimak dirinya, secara instan menyadarkan pendengar dari alunan bassline yang hipnotis. Seperti pada trek pembuka berjudul “Belladonna,” penyampaian dan flow BAP. yang mulus mengingatkan kepada Earl Sweatshirt dan Tyler, The Creator.

Nadanya yang nestapa dibalut dengan dentuman hip hop inovatif terdengar segar dan tentu berhasil memberi kesan yang baik melalui EP perdananya. Namun, walau tidak sempurna, “Belladonna” bisa dihargai sebagai hal yang lebih dari sekadar EP perdana seorang rapper. Album ini merupakan curhatan terdalam seorang pemuda kepada hal yang paling dia pedulikan, yaitu musik.

“Belladonna” sudah bisa di dengarkan secara online di Spotify dan Soundcloud, serta bisa dibeli di halaman Bandcamp BAP. whiteboardjournal, logo