God’s Own Country

14.09.17

God’s Own Country

by Febrina Anindita

 

Teks: Ibrahim Soetomo
Foto: New Zealand International Film Festival

Bulan ini, film debut Francis Lee, “God’s Own Country” akan ditayangkan di seluruh bioskop di Inggris. Bertempat di peternakan di desa Yorkshire Dales, film ini menceritakan tentang Johnny, seorang peternak domba yang harus menjalankan tugas keluarganya untuk beternak, setelah ayahnya terkena stroke. Johnny merupakan orang yang sendirian. Kebiasaan menyakiti dirinya perlahan berubah ketika seorang imigran Romania bernama Gheorghe datang, menjadikan kisah hidup Johnny sebagai perjalanan mencari jati diri.

Film ini dijanjikan untuk menampilkan kisah cinta Johnny dan Gheorghe yang maskulin. Alih-alih menceritakan kisah cinta sesama jenis yang romantis, Francis Lee ingin menampilkan setiap adegan fisik secara realistis, sebagaimana pedesaan Yorkshire terasa nyata secara fisik dan emosional bagi Francis. Film ini juga menceritakan kebimbangan Johnny saat ingin memutuskan menjalankan hidup baru atau tetap tinggal di peternakan domba milik keluarganya.

“God’s Own Country” tidak sekadar menampilkan kisah cinta universal. Terdapat pesan yang lebih dalam dan filosofis, yaitu perjalanan mencari jati diri secara emosi, serta pelajaran mencintai orang lain dan diri sendiri, di tengah lingkungan yang membuat kita putus asa.whiteboardjournal, logo