Jelajah Spektrum Warna Heals

10.04.17

Jelajah Spektrum Warna Heals

by Muhammad Hilmi

 

Dengan hanya bekal satu lagu berjudul “Void”, Heals mengemuka menjadi salah satu yang paling ditunggu dari Bandung post-2010’an. Tapi tak ada heran disitu, karena secara disonan dan komposisi, Alyuadi beserta kawan-kawan muncul dan mengisi kekosongan di irisan antara fans shoegaze dan alt-rock yang ternyata cukup besar dalam jumlah penggemar. Dan tentu tak hanya itu, nyatanya mereka mampu mengisi ceruk tersebut dengan kualitas yang mencukupi – kalau bukan lumayan, buktinya bisa dilihat pada angka nyaris empat puluh ribu plays di track “Void” yang mereka unggah 21 September 2014.

Tiga tahun berselang, Heals memperpanjang usia mereka dalam album penuh pertama berjudul “Spektrum”. Berisi 10 lagu, album ini memasukkan “Void” dan “Wave” yang sempat keluar sebagai pengisi penantian menuju album. Dirilis bersama record label senior, Fast Forward Records, album ini bisa didapatkan sejak Minggu, 9 April 2017 dalam bentuk fisik dan digital.

Jika “Void” telah menempatkan titik yang cukup tinggi pada ekspektasi kualitas karya Heals, album ini menjawabnya hingga tandas. Heals mengambil jarak yang cukup signifikan dengan shoegaze/post-rock ala Bandung kebanyakan. Alih-alih mengawang, album ini banyak berisi lick tajam (bahkan beraroma techy di beberapa part) yang akan mendapat penjelasan saat melihat latar belakang personilnya yang juga bermain di proyek musik metal (Alyuadi bermain di Caravan of Anaconda dan Deathless, Octavia bermain di Worthless Unit). Dan dengan itu, “Spektrum” bergabung bersama “Saudade” dari Annie Hall yang cukup distingtif diantara tren crossover shoegaze yang cenderung gitu-gitu aja sekarang.

Dengarkan albumnya berikut.whiteboardjournal, logo

Tags