Lagi, Twitter Lakukan Uji Coba Fitur Baru “Twitter Status”

Media
03.08.22

Lagi, Twitter Lakukan Uji Coba Fitur Baru “Twitter Status”

Pada akhir tahun 2021 hingga pertengahan 2022 Twitter telah menguji sejumlah fitur, mulai dari “Downvoting”, “Collab Tweet”, “Twitter Circle”, hingga “Twitter Status”.

by Whiteboard Journal

 

Teks: Septiana Noor Malinda
Foto: coolranchzaku/Twitter

Belum lama ini Twitter tengah melakukan uji coba untuk fitur terbaru “Twitter Status”. Fitur yang sedang dalam tahap testing ini dinilai cenderung seperti MySpace yang membuat Tweet lebih memiliki konteks melalui pemberian tag pada unggahan pengguna.

Penggunaan “Twitter Status” saat ini berbentuk pilihan default yang terdiri dari ‘Shower Thoughts’, ‘Hot Take’ and ‘A Thread’. Dengan kata lain fitur ini membantu menghemat penggunaan karakter serta emoji umum. Meskipun demikian, ada pula pendapat yang menilai bahwa penghematan karakter ini sebenarnya tidak terlalu signifikan.

Foto: coolranchzaku/Twitter

“Twitter Status” sebenarnya sudah mulai dikerjakan pada 2018 yang mana dilihat sebagai potensi cara untuk meningkatkan engagement pengguna. Peneliti aplikasi, Alessandro Paluzzi, pernah mengatakan bahwa pengembangan fitur status mengizinkan pengguna untuk memberitahu keberadaan, perasaan, dan kegiataan yang sedang dilakukan.

Upaya pengembangan berbagai fitur dalam waktu berdekatan mungkin terkesan ambisius. Bisa dilihat dari beberapa fitur yang telah diuji, seperti “Downvoting”, “Collab Tweet”, “Twitter Circle”, hingga “Twitter Status”. Hal ini masuk akal karena Twitter ingin meningkatkan penggunaan aplikasi dalam kurun 2022-2023. Hal ini diketahui dari insight yang dibagikan Twitter pada Analyst Day untuk mencapai 315 juta mDAU (monetizable daily active users) yang ditargetkan pada akhir 2023.

Twitter mengonfirmasi bahwa uji coba yang dilakukan menyasar pada kelompok pengguna di Amerika Serikat dan Australia dengan tidak merinci besarnya kelompok tersebut. Dinyatakan Twitter kepada TechCrunch, “For a limited time, we are testing a feature that allows you to add a status topic from a predetermined list to your Tweets to provide more context for your followers.

 “So whether you are about to drop a hot Tweet thread, share your shower thoughts, or have a bad case of the Mondays, your Tweets can better convey what you are up to,” lanjutnya.

Meskipun sudah di tahap uji coba, fitur terbaru ini belum tentu akan dirilis. Uji coba dapat digunakan sebagai sarana untuk meningkatkan perhatian.whiteboardjournal, logo