“Menyintas” Dari Masa Lalu Lewat Album Baru

06.06.17

“Menyintas” Dari Masa Lalu Lewat Album Baru

by Muhammad Hilmi

 

Teks oleh Fransisca Bianca
Foto oleh Instagram Adrian Yunan

Adrian Yunan terbangun pada suatu pagi dari suatu mimpi. Meski sulit diingat kembali apa isi dari mimpi itu, namun nyatanya mimpi itu cukup mendorongnya untuk kembali bangkit. Titik balik inilah yang kemudian menggugah niatnya untuk merilis album perdananya sebagai seorang solois. Sebelumnya, Adrian berkarir sebagai basis dari Efek Rumah Kaca. Memang sejak 2010, Adrian Yunan terpaksa absen dari panggung dikarenakan kondisi tubuh dan matanya yang terus menurun. Ia pun kemudian vakum dan fokus pada kesehatannya.

“Saat itu saya merasa amat terpukul. Hingga di titik terendah, saya hanya hidup di atas tempat tidur saja tanpa melakukan apapun,” ujar Adrian. “Saat bangun saya jadi terpikir, apakah saya mau melanjutkan hidup sebagai orang yang kalah atau yang menang.”

Akhirnya, Adrian menemukan bahwa dengan menulis lagu, ia mampu berangsur-angsur memulihkan kondisi fisik dan mentalnya. Kegiatan menulis lagu inilah pula yang menjadi semacam terapi bagi Adrian, yang memang sudah berpengalaman menulis lagu bahkan sejak sebelum Efek Rumah Kaca terbentuk. Dan benar, melalui menulis lagu Adrian pun melanjutkan hidup. Lagu demi lagu ia tulis, bahkan ia pada saat itu tidak memikirkan akan merekam lagu-lagu tersebut atau tidak. Yang jelas, kegiatan tersebut ialah bentuk kepulihannya. Memang pada akhirnya beberapa lagu yang ia tulis pada saat itu masuk di album ketiga Efek Rumah Kaca, namun tak sedikit yang tetap tak terpakai.

Ide menjadikan lagu-lagu tersebut sebagai suatu kesatuan dalam sebuah album solo bagi Adrian pertama kali muncul dari Cholil Mahmud, vokalis Efek Rumah Kaca. Dengan bersemangat Adrian pun menyanggupinya, dan kemudian mengambil judul Sintas. Judul tersebut sendiri berarti bertahan hidup dalam kondisi yang tidak diinginkan. Makna dibaliknya memang menjadi suatu bukti dari perjuangan Adrian dalam menghadapi penyakitnya, dan tetap bertahan hingga dapat bebas dari masa sulit tersebut dan menjadi seorang ‘penyintas’.

“Dari awal saya baru memulai kembali menulis lagu saat jatuh sakit, saya yakin suatu saat semua ini akan lewat dan akan menjadi sesuatu yang baik. Akhirnya terbukti dengan dirilisnya album Sintas, ada hikmah positif di balik semua ini.”

Lebih jauh lagi gambaran akan bentuk perjuangan Adrian menghadapi dirinya sendiri hingga bangkit dari kejatuhannya dapat disimak dalam lirik-lirik yang terdapat dalam lagunya, diantaranya “Mikrofon”, “Tak Ada Histeria”, dan “Lari”, di mana lagu-lagu ini mengandung makna penghiburan diri dan kontemplasi akan batin Adrian sendiri. Selain itu, Adrian pun mendedikasikan satu lagi bertajuk “Ruang Yang Sama” bagi sesama kawan Difabel. Interaksi sehari-hari biasa Adrian dengan istri dan anaknya juga menjadi inspirasi bagi terciptanya lagu “Terminal Laut” dan “Mainan”. Lagu-lagu tersebut seolah hadir sebagai dokumentasi pribadi Adrian akan isi-isi kesehariannya yang penuh sentuhan pribadi dan sentimental.

Album Sintas sudah bisa didapatkan di beberapa toko musik mulai Senin, 5 Juni 2017.whiteboardjournal, logo