Musik Pop Pertama buatan Teknologi Artificial Intelligence

27.09.16

Musik Pop Pertama buatan Teknologi Artificial Intelligence

by Ken Jenie

 

SONY CSL Research Laboratory telah mengembangkan artificial intelligence yang bisa menciptakan komposisi lagu pop, dan ternyata hasilnya sangat menarik. Articial intelligence dengan nama Flow Machines mempelajari database lagu dan komposer pop, kemudian menganalisa komposisi di dalam lagu-lagu tersebut dan dari situ kemudian dilahirkan sebuah komposisi berdasarkan gabungan unsur umum yang ia temukan.

Lagu berjudul “Daddy’s Car” adalah komposisi yang dibuat berdasarkan database The Beatles. Dan, artificial intelligence mampu menghasilkan lagu bernuansa sunny pop-rock yang terasa seperti buatan The Beatles. Kuat di melodi vokal, memiliki harmoni-harmoni vokal yang sangat mudah diingat, dengan bagian-bagian minor yang menambah elemen drama kepada lagunya.

Pada lagu, “Mr. Shadow” Flow Machines mengambil database komposer klasik Amerika, termasuk Irving Berlin, Duke Ellington, George Gershwin dan Cole Porter untuk membuat lagu yang beraroma jazz.

Meskipun komposisi diatas adalah karangan artificial intelligence, masih ada sentuhan manusia dalam rekaman lagu-lagunya. Di “Daddy’s Car” dan “Mr. Shadow”, Benoit Carre, seorang musisi, menentukan arahan musiknya (ia yang memilih database The Beatles dan komposer-komposer Amerika), dan setelah komposisi oleh Flow Machine selesai, sebuah sistem bernama Rechord (dengan partisipasi oleh musisi) dipakai untuk mengisi karangannya dengan instrumentasi, dan seorang audio engineer untuk melakukan mixing dan mastering lagunya. Mestinya, perkembangan berikutnya untuk artificial intelligence adalah untuk mengembangkan instrumentasi dan audio production ke langkah yang selanjutnya, untuk mewujudkan sebuah sistem yang lebih efisien dalam menciptakan lagu.whiteboardjournal, logo