Places to Go: Pempek Selamat Kemang

Culinary
10.11.19

Places to Go: Pempek Selamat Kemang

Oleh-oleh favorit khas Jambi kini telah hadir di Jakarta

by Emma Primastiwi

 

Foto: Moses Sihombing 

WHERE

Pempek merupakan salah satu hidangan khas Palembang klasik yang digemari banyak orang. Tak hanya sebagai hidangan khas, pempek juga merupakan salah satu oleh-oleh kuliner favorit seperti pie susu Bali ataupun bakpia. Pempek Selamat merupakan oleh-oleh yang laris dan sangat populer di Indonesia. Tetapi, uniknya Pempek Selamat ini tidak datang dari Palembang, namun merupakan oleh-oleh khas Jambi yang wajib dicicipi. Telah hadir di daerah Kemang Raya, akhirnya Pempek Selamat telah membuka cabang pertamanya di Jakarta. 

WHY

Pempek Selamat ini pertama kali mendapatkan popularitasnya sebagai oleh-oleh yang khas dari Jambi. Karena Palembang dan Jambi merupakan daerah di Sumatera Selatan yang berbatasan, mereka masih mempunyai kuliner yang serupa. Popularitas Pempek Selamat ini pun tersebar di seluruh Indonesia, sampai mengundang banyak reseller dan jasa titip yang dibuka khusus untuk membeli oleh-oleh ini. Oleh karena itu, kehadirannya di Jakarta telah mengabulkan keinginan berbagai pecinta kuliner di Jakarta.

WHAT

Tentunya, menu yang diandalkan di kedai ini adalah pempek Kapal Selam-nya. Seporsi Kapal Selam ini datang dengan mie, bihun, taburan ebi dan acar timun segar, tanpa melupakan saus pempek manis pedas yang datang di tempat besar – sehingga pengunjung dapat menuangkan saus sesuka hati. Mereka juga menyajikan Lenggang, jenis pempek versi goreng yang diolah dengan telur yang sangat populer sebagai jajanan pasar dengan rasa cukup gurih. Tidak berhenti disitu, terdapat juga semangkuk Tekwan, sup berisi jamur, bakso ikan khas Selamat dan juga bihun yang hangat dan healing cocok disantap menjelang hari-hari hujan di Jakarta. 

Pempek Selamet

Jl. Kemang Raya No.90 B
Jakarta Selatanwhiteboardjournal, logo