Quick Review: What They Don’t Talk About When They Talk About Love

10.07.17

Quick Review: What They Don’t Talk About When They Talk About Love

by Febrina Anindita

 

Teks oleh Fransisca Bianca
Foto dari IFFR

Rilisan tahun 2013 karya Mouly Surya ini memang benar-benar mengeksplorasi hal-hal yang tidak dibicarakan ketika membicarakan cinta. Mungkin sudah biasa jika melihat film-film bertemakan romansa yang menggambarkan indahnya maupun sakit hati atas kandasnya jatuh cinta, berpacaran, menikah, long distance relationship, dan tipikal-tipikal sudut pandang romansa lainnya. Karya Mouly satu ini memang patut diacungi jempol atas keberaniannya memasuki ‘dunia’ baru akan romansa lewat penggambarannya (yang terkadang cukup eksplisit) tentang dinamika percintaan yang unik.

Dengan mengisahkan kehidupan pribadi sehari-hari beberapa individu yang tunanetra, Mouly melalui What They Don’t Talk About When They Talk About Love mencoba menunjukkan sisi-sisi dari percintaan yang mungkin menjadi kurang nyaman atau kurang konvensional untuk dibahas. Mouly menampilkan realita dan hal-hal di balik layar lainnya yang biasanya menjadi tersembunyi ketika menyajikan romansa yang ditujukan untuk sekadar menghibur. Selain itu, ia juga menunjukkan adanya hal-hal yang mungkin berada diluar batas pengertian banyak orang tentang apa itu cinta dan romansa, bahwa mungkin ada bentuk-bentuk cinta lainnya yang tidak diduga ada.

Quick review What They Don’t Talk About When They Talk About Love: 4.5/5

What They Don’t Talk About When They Talk About Love (2013)
Sutradara: Mouly Surya
Sinopsis: Berkisah tentang beberapa individu tunanetra dalam suatu institusi sekolah dan perjalanannya masing-masing baik dalam mengejar kedewasaan, mimpi, maupun keinginan untuk dicintai.whiteboardjournal, logo

Tags