Sugar, We’re Going Down Singing!

19.07.16

Sugar, We’re Going Down Singing!

by Muhammad Hilmi

 

Tahun 2000an adalah tahun yang unik. Jika di Indonesia terjadi dinamika pasca reformasi, di luar sana juga terjadi berbagai hal menarik. Mulai dari perayaan milenium baru, pengangkatan George W. Bush sebagai presiden Amerika, pengeboman gedung WTC, terpilih kembalinya George W. Bush sebagai presiden, juga meledaknya sosial media myspace, beserta band-band emo/pop punk yang menyebar ke seluruh dunia, termasuk Indonesia. Melalui acara Sugar, We’re Going Down Singing!, kolektif zine Sobat Indie bersama We Hum Collective mengajak kita mengunjungi kembali masa-masa itu dalam suasana karaoke bersama yang seru. Bertempat di Mondo by The Rooftop, di hari Sabtu, 23 Juli 2016 ini, mari bernyanyi bersama.

“Being grown up isn’t half as fun as growing up.
These are the best days of our lives.”
(“In This Diary”, The Ataris, 2003)

Untuk generasi kelahiran akhir 1980-an hingga awal 1990-an, emo adalah sebuah term yang sangat familiar di telinga kita. Emo bahkan adalah sebuah fase yang pernah dilewati oleh hampir seluruh remaja di generasi tersebut. Third wave emo muncul pada kami di momen yang tepat, momen di mana kami, para remaja yang belum dewasa, mencoba untuk dewasa dengan memahami dan mempertanyakan ketidak-dewasaan kami. Emo was our grunge, sadness was our manifesto and Carabba was our Cobain.

Tidak bisa dipungkiri, Emo was a memorable phase, sebuah fase Myspace yang memalukan secara visual, menyedihkan, namun juga sebuah fase di mana kita pernah begitu memuja lirik yang cheesy, merasa cuma musik yang bisa mengerti apa yang kita rasakan, fase di mana kita menyanyi tulus dari hati karena simply “Lagu ini gue banget!”

Lewat Sugar We’re Going Down Singing! kami hendak membawa sebuah generasi yang pernah merasakan fase yang sama untuk reminiscence back to the sad yet good old days. Melalui karaoke, sebuah aktivitas yang kami percaya begitu sederhana namun komunal, ijinkan kami membawa kalian kembali ke momen di mana kalian pertama kali merasakan sakit hati, jatuh cinta dan kehilangan.

#SOBATHUMMING present

SUGAR WE’RE GOING DOWN!
An open mic karaoke night for early 2000’s emo and poppunk bands.

with Yudhis Tira [Vague] and Ditto Pradwito [Barefood] as DJs

Saturday, 23 July 2016, from 6 PM.
At Mondo by the Rooftop,
Rossi Musik, Jln. Fatmawati Raya no. 30, Jakarta

Free entry for all!

FB page: http://bit.ly/SobatHumming
Twitter: @sobatindi3 @wehumcollective
#SobatHumming #EmoNightJKTwhiteboardjournal, logo