#Goodweird untuk menjadi inspirasi dalam berkarya kepada pembaca."/>

Unik dalam Berkarya

23.10.15

Unik dalam Berkarya

Keberanian untuk Tampil Berbeda

by Ken Jenie

 

Di masa kini, kita berada dalam era di mana segala kemungkinan terbuka untuk diwujudkan. Di mana elemen – elemen keseharian pun bisa diolah menjadi sebuah karya seni. Satu-satunya limitasi yang ada hanya bergantung kepada kecerdasan dan kemauan seseorang untuk mewujudkan gagasannya. Dengan kebebasan berpikir ini, apapun di imajinasi kita bisa menjadi sebuah karya.

Mungkin seni sering digambarkan sebagai medium kreatif yang susah dimengerti dan jauh dari pengertian orang awam, tetapi tentu tidak selalu begitu. Seni bisa menyentuh kesadaran penikmatnya dari segi yang dekat dengan keseharian. Sebagai manusia, kita senang bermain-main dan bersenda gurau, kecerdasan yang dibutuhkan untuk aktivitas tersebut adalah sumber kreativitas yang patut dieksplorasi.

Mungkin terasa aneh bahwa apa yang kita lihat, alami, pikirkan, apalagi tertawakan di setiap hari bisa menjadi sebuah karya seni. Tetapi bentuk kecerdasan ini di ranah kreatif bisa menjadi sebuah karya seni yang mengelitik sensibilitas penikmatnya. Seni dan kreativitas adalah bagian utama dari dunia #Goodweird, sebuah tempat dimana keberanian untuk berbeda dihargai sebagai sebuah usaha untuk menjadi lebih baik. Dalam #Goodweird, segala perbedaan dan keunikan menjadi inspirasi untuk berinovasi dalam mencoba hal-hal baru. Sebuah hal yang sebenarnya kita semua miliki di lubuk kesadaran kita.

Berikut adalah beberapa seniman yang bisa merealisasikan konsep #Goodweird ini. Mereka mampu memakai hal-hal yang berasal dari keseharian, keisengan, dan kecerdasan menjadi sebuah karya yang menggelitik sehingga dikenal ke seluruh penjuru dunia. Semoga setelah melihat karya seniman-seniman ini, kalian pun bisa menemukan jiwa #Goodweird di dalam diri kalian.

Lenovo01Oakoak

Oakoak
Oakoak adalah seniman jalanan yang sangat memperhatikan lingkungannya. Berbekal kecerdasan dan sensibilitas humor, Oakoak memanfaatkan lingkungannya menjadi lahan seni pop art. Pipa oranye menjadi imaji Yellow Submarine dari The Beatles, bunga yang ungu menjadi rambut karakter The Simpsons, jarak di antara pintu menjadi tempat bagi Jean Claude Van Damme melakukan split. Dengan menggunakan obyek-obyek di sekitarnya ditambah imajinasi yang cukup tinggi, karya Oakoak membuat orang berhenti sejenak untuk mengamati karya seni yang akrab dengan budaya populer miliknya. Inilah yang menjadikan karyanya menjadi #Goodweird

Lenovo03INSA

INSA
INSA adalah seorang seniman grafiti berasal dari Inggris. Karya seniman jalanan ini tidak hanya berdasar di ruang publik, tetapi juga di dunia maya. Dalam proses berkaryanya, INSA berulang kali melukis dan memfoto di satu tempat, dan setiap kali dia menyelesaikan sebuah grafiti INSA menjadikannya sebuah gambar GIF yang bisa ditemukan online. Setiap frame animasi di GIF INSA ia gambar secara manual sebelum difoto, dan tentunya proses ini membutuhkan waktu yang lama.

Sebenarnya, setiap kali seniman ini menggambar dia menghasilkan dua buah karya: satu di dunia nyata dan satu di dunia maya, dan dualitas ini yang membuat karya INSA menarik. GIF-GIFnya sangat tripy dengan sering kali memakai bentuk-bentuk yang terasa psychedelic, seperti yang bisa dilihat dari contoh di atas.

Zach King
Zach King adalah nama yang sangat dikenal di media sosial untuk karya videonya yang membuat para penikmat kagum. Pembuat film yang berasal dari Amerika Serikat ini membuat adegan-adegan pendek yang luar biasa dengan teknik video editing sehingga yang penonton merasa tengah melihat pertunjukan sulap. Buah jeruk di tangannya tiba-tiba berubah segelas jus, dan dia bisa masuk ke dalam mobil tanpa membuka pintu. Semua adegan-adegan yang dia buat bisa dipanggil #Goodweird dengan kreatifitas dan absurditasnya. Dengan talentanya, Zach King telah memenangkan berbagai macam award, dan sekarang dia telah menjadi buzzer untuk beberapa brand yang terkenal.

Lenovo02Elyx

Elyx by Yak
Yacine Ait Kaci yang lebih dikenal sebagai Yak adalah seorang seniman digital jalanan yang telah memakai lingkungannya, stick figure, sebuah buku sketsa, dan social media untuk berkarya. Sambil berjalan-jalan, Yak menggambar stick figurnya yang bernama Elyx di buku sketsa dan foto Elyx ini berinteraksi bersama lingkungannya dengan cara yang berhumor. Karakter Elyx sekarang telah dikenal di seluruh dunia dan menjadi Duta Besar Digital pertama untuk Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB). Dimulai dari tanggal 15 Agustus sampai 24 Oktober tahun ini, Elyx jalan-jalan keliling dunia dan dokumentasinya menjelaskan program-program PBB. Hanya dengan sebuah karakter stick figure yang banyak orang gambar setiap hari, Yak berhasil membuat karya seni yang berlanjut dan bisa mengelilingi dunia – mungkin gambar-gambar simpel yang kita buat juga bisa mencapai hal yang sama.

Lenovo04Varini

Felice Varini
Kita semua familiar dengan ilusi optik, dimana susunan sebuah gambar bermain dengan otak kita dan membuat pemandangan yang menggemaskan. Seniman George Rousse adalah seniman dari Swiss yang memakai teknik ilusi optik di sebuah ruang yang besar, dimana penikmat karyanya akan melihat bentuk-bentuk geometris melayang dari titik pemandangan tertentu. Teknik Felice Varini tidak baru, tetapi dengan sebuah sensitivitas terhadap lingkungannya, warna yang terang pop, dan ilustrasi geometris yang sederhana, ia telah memamerkan karyanya di berbagai museum di dunia dan telah dinominasi untuk Marcel Duchamp Prize, sebuah award yang diberikan untuk seniman-seniman muda berkarya hebat.

Karya seniman-seniman ini berkesan lucu dan menakjubkan, dan juga bisa membuat penikmatnya ketawa dengan kecerdasannya yang memiliki sensibilitas humor yang tinggi. Ide-ide #GoodWeird sangat patut dieksplorasi, karena meskipun kadang terasa absurd, permainan-permainan pikiran ini bisa menghasilkan karya-karya yang menarik dan dikagumi. Mungkin saja, berikutnya gambar stick figure anda akan menjadi duta besar PBB atau mungkin karya video akan membuat anda bintang social media.

Semangat untuk menjelajahi sisi #Goodweird ini menjadi poin yang ingin dikembangkan oleh Lenovo. Sebagai brand yang berfokus pada keberanian untuk menciptakan inovasi yang berbeda, Lenovo percaya bahwa siapa saja mampu untuk menggali potensi #Goodweird dari diri mereka masing-masing. Seri Lenovo Yoga yang merupakan salah satu contoh bentuk inovasi yang unik, berbeda, namun bisa memiliki berbagai manfaat yang berguna bagi penggunanya. Setiap orang memiliki kemampuan untuk berpikir dengan cara yang berbeda, dan bila semakin banyak dari kita yang mau membagi ide-ide yang cemerlang, akan semakin banyak inovasi yang akan lahir dari kreatifitas kita.

lenovogoodweird

Tunjukkan apa makna #Goodweird bagimu, seperti apa kira-kira temuan atau karya yang menurutmu sesuai dengan konsep #Goodweird ini. Pilih, lalu bagi inspirasi #Goodweird seleksimu pada kampanye #Goodweird Hunting Season yang diselenggarakan oleh Lenovo. Disana, kamu akan menemukan berbagai referensi sekaligus berbagi kreativitas mengenai apa saja inovasi unik yang telah ditemukan. Dengan mengikuti kampanye ini, selain berbagi inspirasi, dan momen unik, kamu juga bisa memenangkan berbagai hadiah menarik dari Lenovo. Kunjungi situs resmi Lenovo untuk bergabung pada kampanye inovasi ini.

Gali juga potensi #Goodweird dari dirimu untuk mampu lebih unik dalam berkarya.whiteboardjournal, logo

Tags