Portofolio: FullFill Artplication

23.11.15

Portofolio: FullFill Artplication

Eksplorasi Karakter Dengan Visual yang Kuat.

by Ken Jenie

 

Bagaimana awal mula dibentuknya studio FullFill?

FullFill berdiri dengan 3 founder, awalnya kami bertiga merupakan kawan kerja di sebuah studio. Ketika keluar, kami ingin membuat sebuah studio sendiri di tahun 2009. Dan seiring berjalannya waktu, Founder FullFill kini hanya tinggal berdua saja.

Apa karakter yang ingin dimunculkan pada karya studio anda?

Sebenarnya apa yang menjadi karakter FullFill masih dalam proses pencarian, karena kami masih sangat muda dalam menentukan style dan karakter tersendiri. Secara fokus, FullFill menekankan kepada permainan ilustrasi dan visual yang kuat dalam pencarian solusi setiap project.

Apakah ada karya yang bisa menjadi representasi karakter studio FullFill, baik secara idealisme maupun komersil?

Representasi karakter kita sangat tergantung pada setiap projectnya. Sehingga semua project merupakan perwujudan karakter dari cara berpikir FullFill dalam merespon brief.

Bagaimana approach dan proses studio FullFill terhadap pengerjaan setiap project?

FullFill selalu berusaha untuk mendalami karakter untuk masing-masing project, dengan rasa penasaran dalam menggali sebuah kepercayaan bahwa brand adalah manusia itu sendiri. Ada keinginan untuk selalu mengisi “jiwa” ke dalamnya. Karena tanpa adanya itu semua, akan sangat sulit sekali dalam menentukan “sifat”, “wajah” dan “eksistensi” pada dalam setiap project.

Bagaimana studio Anda memposisikan idealisme dalam proyek-proyek komersil?

Proyek-proyek komersil seperti klien corporate, yang selalu muncul kesulitan dalam menyamakan persepsi. Karena menurut kami, klien corporate di Indonesia selalu menilai sesuatu sesuai dengan referensi pribadi, dan itu sangat liar, karena tidak disesuaikan dengan target sasaran. Disini idealisme akan bisa muncul ketika kita juga bisa memberikan alasan, penjelasan dan konsep yang sesuai dengan target sasaran klien.

Bagaimana tata manajerial studio anda dalam mengelola personil desainer grafis?

Simple. Hanya ada bagian creative, client relation & finance saja.

Bagaimana studio anda memposisikan esensi karya graphic design dalam masyarakat?

Posisi graphic desain di masyarakat Indonesia sangat vital. Tanpa disadari graphic design bahkan menentukan pilihan dalam hidup, misalnya mobil harus berhenti atau dilarang parkir, kita mau membeli rokok apa, bahkan ke hal paling penting yaitu mata uang.

Bagaimana pengalaman studio anda dalam menjadi bagian industri graphic design di Indonesia?

Industri graphic design di Indonesia terus berkembang dengan pesat dalam beberapa tahun belakangan ini, dan ini merupakan atmosfir yang sehat. Saya sangat berharap klien-klien dan juga para praktisi maupun pemilik studio juga mempunyai mental yang sehat, juga diiringi jiwa kompetisi yang dewasa.

FullFill Artplication
Jl. RS Fatmawati Raya No. 4H-I
Jakarta 12430
+62 21 7591 6655
+62 21 7591 6677
info@fullfillisme.com whiteboardjournal, logo

Tags