Seleksi Karya: Rhymesayers Entertainment

04.01.16

Seleksi Karya: Rhymesayers Entertainment

8 Karya Pilihan.

by Ken Jenie

 

Unlimited EP (2002)
Soul Position

Di tahun 2002, RJD2 telah merilis album perdananya, Deadringer, yang membuat namanya terkenal di kalangan produser hip hop. Di waktu yang sama, Blueprint mulai dikenal di skena hiphop underground melalui lirik, musik, dan label rekaman dia, Weightless. Dua musisi dari Colombus, Ohio ini bergabung untuk membuat grup Soul Position, dimana semua produksi musik dikarang oleh RJD2 dan Blueprint mengisi vokal. Instrumental RJD2 yang kaya dengan sample funk, soul, dan jazz menjadi wadah yang pas untuk rima Blueprint mengenai hip hop, perempuan, dan sisi kehidupan yang lain. Unlimited EP adalah rilisan pertama mereka dengan nama Soul Position, dan menjadi salah satu rilisan terbaik dari Rhymesayers Entertainment.

Lucy Ford (2000)
Atmosphere

Lucy Ford adalah album yang menyatukan dua rilisan dari grup Atmosphere yaitu Ford 1 dan Ford 2. Dikenal secara tidak resmi sebagai album kedua dari Atmosphere, Lucy Ford menunjukkan kehebatan Slug sebagai seorang mc. Dari topik lirik yang abstrak seperti “Woman with the Tattooed Eyes” sampai dengan lagu konvensional mengenai hip hop seperti “Party for the Fight to Write,” Slug berima dengan ekspresi yang beragam – menunjukan kapabilitasnya sebagai musisi yang bisa menghadapi tema dengan gaya yang dinamis. Produksi musik oleh Ant, Jel, dan Moodswing 9 bernuansa hangat dengan macam-macam sample yang soulful. Meskipun Atmosphere sudah dikenal melalui album perdananya, Overcast, album Lucy Ford betul-betul menunjukkan chemistry dan kemampuan mereka.

The 30th Song (2002)
Mr. Dibbs

Sebagai turntablist dan musisi ternama, Mr. DIbbs memperkenalkan kedua aspek musikalitasnya di album perdananya, The 30th Song. Seluruh album ini terasa berat dengan produksi umum yang kotor, penuh dengan sample-sample yang kadang tabrakan dan membuat musik yang disonan. Mr. Dibbs memanipulasi sample-sample yang ia pilih dengan ketrampilannya turntablist – scratch dan juggling-nya terdengar seakan-akan ia sedang memberi pertunjukan kepada pendengar. Sebagai album pertama, The 30th Song berhasil menunjukkan dua keahlian Mr. Dibbs sebagai turntablist dan pengarang musik.

Shadows on the Sun (2003)
Brother Ali

Brother Ali adalah mc yang terkenal dengan pertunjukannya live-nya yang penuh dengan energi, dan Shadows on the Sun berhasil menerjemahkan semangat ini ke dalam format album. Sebagai seorang mc, Brother Ali terdengar terpengaruh oleh musisi dari tahun 90an dengan flow-nya yang cukup padat dan ritme yang melambung di atas instrumentasi. Secara lirik ,Brother Ali pandai bercerita dan di Shadows on the Sun ia mencampur cerita hidupnya dengan lirk yang sombong layaknya seorang battle mc. Album ini sangat dibantu oleh produksi musik Ant yang mencampur musik soul dengan suara boom bap yang kental drum breaks.

First Born (2001)
Eyedea & Abilities

First Born adalah album perdana dari mc Eyedea dan dj Abilities. Sebelum album ini dirilis, Eyedea sudah terkenal di circuit battle rap, dimana ia telah menjuarai Blaze Battle HBO, Rocksteady, dan Scribble Jam. DJ Abilities juga sudah dikenal di kalangan dj sebagai pemenang beberapa kejuaraan DMC regional. Ada anggapan umum di hiphop bahwa juara-juara lomba rap dan dj tidak bisa membuat musik yang bagus, tetapi duo ini membuktikan bahwa anggapan itu tidak benar. Berbeda dengan persona battle mc yang harus membuat rima tentang apa yang di depan mata, di album First Born Eyedea cenderung kontemplatif dengan topik yang konseptual. Abilities menunjukkan keahliannya sebagai dj dengan scratching yang rumit di bagian lagu tertentu. Dengan instrumental yang sederhana, album First Born seakan-akan panggung yang kosong untuk menunjukan kapabilitas musik Eyedea & Abilities.

Cats & Dogs (2011)
Evidence

Evidence sudah dikenal dengan grupnya Dilated Peoples dan ketrampilan rap, produksi musik, dan grafitti. Setelah 2 album di Audio Fidelity dan ABB, Cats and Dog adalah rilisannya yang pertama di Rhymesayers Entertainment. Album ini menunjukkan kemahiran Evidence bukan hanya sebagai mc, tetapi juga seleksi produser dan mc tamu yang ia pilih untuk berkontribusi. Produser papan atas seperti The Alchemist dan DJ Premier mengkontribusi beberapa instrumental, dan guest mc seperti Raekwon, Prodigy, Slug dan Aesop Rock memberi keragaman di dalam album ini. Bisa dibilang bahwa kekurangan album ini adalah flow Evidence yang cenderung monoton, tetapi musikalitas yang ia tunjukkan membuat album Cats and Dogs pengalaman mendengar yang menyenangkan dari awal sampai akhir.

Overcast! (1997)
Atmosphere

Overcast! adalah album pertama dari Atmosphere, grup yang terdiri dari Slug, Ant, dan Spawn (yang meninggalkan Atmosphere sebelum album ini dirilis). Untuk penggemar Slug dan Ant, Overcast! menarik karena album ini menampilkan mereka di awal karir. Slug menunjukkan kesombongan yang semakin hari semakin ditukar dengan soulfulness, dan produksi musik Ant masih sangat kasar. Adanya mc Spawn bantu membuat dinamika antar mc, sebuah aspek yang tidak terasa di album Atmosphere berikutnya. Dengarkan Overcast! untuk mendapatkan nuansa hiphop 90an yang membentuk style awal Atmosphere.

Mm…Food? (2004)
MF Doom

Setelah album debut yang fenomenal, Operation Doomsday, MF Doom merilis album keduanya, Mm…Food?. Secara topik, MF Doom memamerkan kemampuan menyusun kata-kata dengan pintar, tetapi di album Mm…Food? dia memakai istilah-istilah kuliner untuk menyampaikan pesannya (contoh judul lagu: “Beef Rapp” dan “Rapp Snitch Knishes”). Sample-sample khas MF Doom dari acara superhero seperti Spiderman dan Superman masih bisa ditemukan di album ini, dan membantu menetapkan persona MF Doom sebagai mc yang wataknya menyerupai karakter buku komik yang kadang dramatis, kadang tak acuh, tetapi selalu menghibur.whiteboardjournal, logo

Tags