hotel dan tiket pesawat yang akan melengkapi rencana perjalanan Anda."/>

Seni Modern Hingga Kontemporer Di Hobart

19.09.16

Seni Modern Hingga Kontemporer Di Hobart

Menjelajahi Warisan Hobart Melalui Tur Sejarah Seni

by Febrina Anindita

 

Dikenal dengan panorama indah, sejarah menarik, dan pemandangan kotanya yang cantik, Hobart memiliki banyak hal untuk ditawarkan kepada semua orang. Namun, tak banyak yang tahu bahwa Hobart; ibu kota negara bagian tertua setelah Sydney, memiliki kekayaan warisan dan seni. Kesenian Hobart telah berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir. Perkembangan ini muncul dari ide kreatif komunitas seni Hobart yang memperkaya skena seni wilayah ini. Adanya tempat-tempat menarik seperti Museum of Old and New Art (MONA) mendorong seniman muda untuk bermimpi dan berkreasi lebih besar, sementara festival seni seperti Tasmanian Art Festival menyediakan segala macam seni, mulai pertunjukan hingga film. Untuk menjadi saksi momentum berkembangnya skena seni Hobart, berikut adalah panduannya, dari museum hingga festival seni menarik.

Tasmanian Museum and Art Gallery
Tasmanian Museum and Art Gallery terletak di tepi laut Hobart yang bersejarah nan indah, dan ini menjadi cara terbaik untuk mempelajari sejarah dan evolusi kota ini. Baru-baru ini, museum yang berdiri sejak 1843 ini mengalami renovasi yang menghabiskan dana hingga 30 juta dolar Amerika. Sebuah nafas baru yang menyegarkan bagi museum tertua kedua di Australia ini.

Maksimalkan waktu untuk menjelajahi ruang di museum yang memiliki beragam pameran, seperti lukisan dari tahun 1800 hingga 1901, atau eksplorasi artefak bersejarah dari Tasmania dan sudut dunia lain di Central Gallery. Tasmanian Museum and Art Gallery merupakan cara terbaik untuk mempelajari sejarah Tasmania, mulai dari pemerintahan, evolusi geologi serta ekologinya.

Plimsoll Gallery
Plimsoll Gallery menjadi rumah dari beberapa karya terbaik dari mahasiswa seni Universitas Tasmania. Galeri ini terletak di tepi laut Hobart dan merupakan salah satu kunci tempat seni kontemporer non profit di Hobart. Galeri yang berdiri sejak 1986 ini menawarkan beberapa pameran dari seniman lokal, nasional hingga internasional seluruh dunia. Seperti yang sudah disebut sebelumya, galeri ini juga menjadi tempat yang menampilkan karya dari mahasiswa PhD, MFA, MFAS dan Honours yang belajar di Tasmanian College of the Arts.

Dengan kata lain, Plimsoll Gallery melestarikan dan mengembangkan karya seni dari Tasmania. Untuk melihat seperti apa masa depan skena seni serta seniman asal Tasmania dan Australia, pastikan Anda untuk menyempatkan diri berkunjung ke Plimsoll Gallery.

Bett Gallery
Bett Gallery adalah bisnis keluarga yang telah berjalan selama 26 tahun. Tempat kecil ini telah menjadi galeri seni kontemporer terdepan di Australia. Galeri yang merupakan bagian dari Australian Commercial Galleries Association ini dikenal telah sukses mengembangkan dan mengelola beragam komunitas selama lebih dari dua dekade.

Mulai dari pameran, instalasi seni hingga karya mixed media, Anda bisa menemukan banyak hal baru di galeri ini. Sistem rotasi mereka dalam memperkenalkan seniman dan pameran kontemporer telah membuktikan bahwa galeri ini merupakan tujuan wajib ketika ingin mengenal skena seni Hobart, terutama bagi Anda yang menikmati seni kontemporer.

2

Tasmania’s Arts Festival
Sejak tahun 2001, Tasmania’s Arts Festival telah menghibur dan memperkenalkan Tasmania sebagai pulau yang kaya akan inovasi dan kemampuan artistik. Festival ini sebenarnya merupakan ajang tahunan yang menawarkan beragam karya seni, dari teater, musik, seni rupa dan seni pertunjukan. Program terdahulunya pun berhasil membawa beberapa artis dari seluruh dunia, mulai dari Manhattan hingga Taiwan.

Seperti yang sudah dijelaskan, festival ini sangatlah besar. Anda akan mendapatkan beragam atraksi dan penampilan seni di seluruh sudut kota, dan tentunya berkesempatan menikmati atmosfer cantik kota Hobart. Acara ini biasanya menghadirkan lebih dari 100 penampilan yang terdiri dari teater Tasmania, musik, seni rupa, komedi, bahkan kabaret dan sirkus. Cek situs mereka untuk memastikan kapan Anda harus mengunjungi Hobart untuk menikmati festival ini.

Museum of Old and New Art (MONA)
Museum of Old and New Art (MONA) adalah museum yang unik dan sangat menarik untuk dikunjungi. Museum ini hadir dengan konsep museum kontemporer yang sebenar-benarnya. Penampilan modern dan desain yang berbau subterrania membuat museum ini menarik dan sesuai dengan penemunya, yaitu David Walks, ahli matematika dan kolektor seni yang mendapat uang jutaan dolar dari hasil berjudi. MONA didirikan pada tahun 2011 di sebuah pulau pribadi dan merupakan museum privat terbesar di Australia. Anda bisa mengunjungi museum ini dengan menyusuri jalan darat atau coba menaiki ferry bertema militer milik mereka. Koleksi yang terdapat di museum ini memiliki varian mulai dari mumi Mesir kuno hingga karya seni kontemporer kontroversial yang membuat dahi berkenyit.

MONA dibuat di bawah tanah yang sangat luas, jadi siapkan diri Anda untuk menjelajahi lorong gelap dan pintu-pintu tak bertanda di sekitar museum. Salah satu koleksi permanen yang dikenal adalah sebuah mesin berukuran sebesar ruangan, terdiri dari tuba-tuba yang mengimitasi sistem pencernaan dengan mengubah makanan menjadi pasta berwarna coklat.

2

Dark Mofo
Dark Mofo adalah festival seni paling unik yang belum pernah Anda lihat sebelumnya. Dibuat oleh pria yang mendirikan MONA, festival ini merupakah acara ziarah tahunan di daerah selatan yang merayakan gelap malam melalui beragam skala seni, makanan, musik, film, cahaya dan suara yang bisa dinikmati publik. Pada dasarnya Dark Mofo merupakan festival seni yang digabung dengan pesta besar. Ketika festival ini berlangsung, atmosfer Hobart benar-benar berbeda. Merah, api dan kegelapan menjadi 3 hal yang bisa menggambarkan suasana Dark Mofo. Selama festival berlangsung, Anda akan melihat seniman-seniman berpakaian unik dan menyeramkan, seperti sekelompok drummer menggebuk drum dengan menggunakan kostum jubah hitam dan memakai lensa kontak merah. Terdengar aneh? Tentu saja, karena Dark Mofo menawarkan kunjungan menuju dunia lain.

Banyak hal unik terjadi di festival ini, namun seni dan pertunjukan serta pop-up restoran dari seluruh Australia patut Anda kunjungi. Ikuti acara api unggun, nikmati makanan di ruang makan yang besar dan pastikan Anda membuka pikiran untuk menikmati hiburan unik di Dark Mofo. Ini merupakan festival seni yang akan hadir semakin gelap dan aneh tiap tahunnya sejak 2012.

Hobart yang menjadi bagian dari Tasmania kini tidak hanya terkenal akan panorama tepi lautnya, tapi juga kesenian yang eksploratif. Adanya MONA hingga festival seni unik, membuat Hobart memiliki ketertarikan tersendiri bagi pencinta seni yang ingin merasakan perkembangan kesenian eksperimental secara langsung. Selain Hobart, Anda juga bisa mengunjungi Canberra untuk melihat pasar seni serta aktivitas komunitas yang ditawarkan kepada wisatawan. Untuk bisa merasakan serunya ragam jenis dan perkembangan seni di Hobart, gunakan Wego untuk mendapatkan hotel dan tiket pesawat serta berbagai penawaran menarik lain saat berlibur ke Hobart.whiteboardjournal, logo

Tags