Aspirasi Gaya Baru

24.10.16

Aspirasi Gaya Baru

Perspektif Emerging Desainer

by Febrina Anindita

 

2

John Martin A.J.R.

W: Apa latar belakang yang membuat John ingin berkenalan dengan fashion?

Berawal dari kegemaran saya bermain game dan keinginan saya untuk menjadi game developer. Saya tidak hanya memperhatikan kualitas dari game itu sendiri, tetapi kerap kali saya juga memperhatikan desain karakternya sendiri, terutama desain pakaian yang mereka pakai.

W: Apa yang John cari dari fashion dibanding subkultur lain seperti musik, visual art maupun fotografi?

Saya memilih untuk masuk ke dunia fashion karena membuat game juga pasti berawal dari pembuatan karakter game itu sendiri. Mulai dari fisik, sifat, maupun pakaian yang karakter tersebut gunakan.

Fashion adalah sesuatu yang sangat bisa dieksplorasi dan aplikasi serta kontribusinya ke berbagai subkultur sangat beragam. Sehingga selain tidak melenceng dari keinginan awal saya, ada banyak hal yang bisa saya lakukan dengan menekuni bidang fashion, mulai dari dunia fashion sendiri, fotografi, game, sampai dunia perfilman.

W:Menurut John sebesar apa pengaruh fashion terhadap masyarakat?

Fashion sangat berpengaruh di berbagai lapisan masyarakat, baik kalangan finansial menengah sampai sosialita dan pengusaha, semua berlomba-lomba untuk mempercantik penampilannya.

Fashion bagi masyarakat sekarang merupakan tolak ukur, dimana semakin modis cara berpakaian seseorang, orang tersebut akan semakin dipandang dan tidak jarang yang menjadi semakin terkenal sehingga mereka jadi trendsetter.

W: Dari mana John mendapat inspirasi dalam mendesain suatu pakaian?

Saya kerap kali mendapat inspirasi untuk mendesain dari cerita mitologi yang bisa kita temukan di berbagai macam budaya, mulai dari games, toys, juga dari dunia perfilman, dimana semakin marak film yang menonjolkan costume design mereka.

W: Bagaimana cara John menunjukkan identitas diri dalam desain yang dibuat?

Salah satu hal yang saya gemari saat mendesain baju adalah menambahkan efek 3D, baik untuk baju, outerwear ataupun celana. Bisa juga efek ini digabungkan dengan teknik bordir atau printing dengan artwork buatan sendiri, sehingga menghasilkan sesuatu yang lebih berdimensi dan berbeda.

2

Ini merupakan salah satu usaha saya untuk membedakan koleksi saya dari desainer yang lain. Meskipun inspirasi yang saya ambil mungkin sama dengan desainer lain, namun interpretasi dan aplikasinya akan tetap berbeda.

W: Dengan desain yang unik, perubahan apa yang ingin John ciptakan dalam dunia fashion?

Di dalam dunia fashion, terutama di Indonesia, masih banyak orang yang cara berpakaiannya kurang lebih sama dan orang lebih mementingkan prestige dengan membeli barang bermerek.

Saya ingin dengan karya yang saya buat ini, makin banyak orang yang lebih tertarik dengan produk lokal dari desainer lokal. Selain itu, sama halnya dengan industri perfilman luar, saya berharap makin banyak kerja sama antara perfilman Indonesia dengan desainer lokal untuk costume design dan wardrobe-nya, sehingga yang menonjol nantinya bukan hanya dari alur cerita saja.

W: Bagaimana melihat fashion hari ini?

Fashion adalah sesuatu yang terus berkembang dan perkembangannya bahkan bisa disejajarkan dengan perkembangan gadget dan smartphone masa kini. Namun di samping perkembangan yang pesat, variasi yang ditawarkan semakin menurun dan tren yang ada terkadang membuat penampilan orang kurang layak, bertolak dari banyaknya masyarakat yang tidak berpenampilan sesuai umur dan terlalu mementingkan merek.

2

Sesilia Fajar Handayani

W: Apa latar belakang yang membuat Sesil ingin berkenalan dengan fashion?

Alasan kenapa saya ingin berkenalan dengan fashion cukup simple. Yakni karena ingin punya keterampilan, sebelumnya saya tidak punya keterampilan yang benar-benar didalami. Dan saya memilih fashion karena fashion (pakaian) itu merupakan kebutuhan primer manusia. Jadi di manapun nanti saya tinggal, keterampilan itu bisa saya gunakan dan manfaatkan.

Fashion itu sendiri dunia baru bagi saya, jadi berkecimpung di dunia ini merupakan tantangan untuk keluar dari zona nyaman dan ajang pembuktian diri untuk bisa jadi lebih baik lagi.

W: Apa yang Sesil cari dari fashion dibanding subkultur lain seperti musik, visual art maupun fotografi?

Fashion merupakan bidang yang menarik. Kita bisa banyak belajar dari fashion tentang banyak hal. Fashion bisa masuk pada semua subkultur tanpa menghilangkan identitasnya, sehingga melalui fashion ada banyak ilmu dan pandangan-pandangan baru yang bisa didapatkan serta dipelajari.

W: Menurut Sesil sebesar apa pengaruh fashion terhadap masyarakat?

Menurut saya pengaruh fashion terhadap masyarakat sangat besar, karena dari fashion kita dapat melihat sebuah sejarah. Sebuah tren fashion dalam satu era akan menunjukan banyak hal, baik itu sosial, ekonomi, budaya hingga politik.

W: Dari mana Sesil mendapat pengaruh dalam mendesain suatu pakaian?

Dalam hal mendesain saya banyak terinspirasi dari kehidupan sehari-hari dan lingkungan saya. Misalnya dari apa yang saya rasakan, saya tuangkan dalam printing desain yang saya buat. Begitupun dengan keluhan dari orang-orang tentang apa yang mereka rasakan tentang pakaiannya, saya lantas mencoba untuk memberikan solusi-solusi dari desain yang saya buat.

Dari hal-hal kecil dalam kehidupan sehari-hari kita bisa mendapatkan inspirasi, asalkan kita jeli untuk melihatnya.

2

W: Bagaimana cara Sesil menunjukkan identitas diri dalam desain yang dibuat?

Cara menunjukan identitas dalam desain yang saya buat adalah melalui bentuk-bentuk desain saya, kenyamanan dari pakaian saya. Karena saya mengutamakan kenyamanan dalam setiap desain yang saya buat. Kemudian splash color yang memberikan “statement” sebagai detail, dan juga memberikan banyak aksen detail yang fungsional.

W: Dengan desain yang unik, perubahan apa yang ingin Sesil buat dalam dunia fashion?

Simple. Saya ingin orang menghargai pakaian yang dimilikinya dan ingin orang melihat, memperlakukan dan menghargai pakaiannya sebagai salah satu karya seni. Karena dalam menciptakan sebuah pakaian ada riset, pengrajin, fase trial and error, banyak sumber daya yang dimanfaatkan dan setiap detail yang diciptakan dikerjakan dengan semangat dan dedikasi yang tinggi.

W: Bagaimana Anda melihat fashion hari ini?

Fashion saat ini berkembang dengan sangat pesat. Semua orang ingin terlibat di dalamnya. Dapat dilihat dari makin tingginya peminat dalam sekolah-sekolah mode. Semua berpacu untuk menciptakan inovasi dan desain yang menarik. Namun yang paling penting adalah tak sekadar menarik, tapi juga memberikan manfaat pada penggunanya.

Melihat banyaknya area dalam fashion yang dapat dieksplorasi membuatnya terpapar langsung dengan subkultur maupun disiplin lain sehingga mampu menghadirkan nafas segar di antara tren fashion yang berlangsung. Salah satu bentuk eksplorasi yang bisa ditemukan adalah pada karya John Martin dan Sesilia Fajar, yang menjadi bagian dari 12 finalis kompetisi Go Ahead Challenge tahun ini. Nantinya, akan ada 5 pemenang dari kompetisi tersebut yang terdiri dari 4 pemenang untuk subkultur style, fotografi, visual art dan musik berdasarkan pilihan Mentor, serta Pemenang Favorit yang dipilih oleh publik. Vote Pemenang Favorit di GoAheadPeople.com dengan memilih karya yang menarik untuk menstimulus regenerasi dalam ranah fashion Indonesia.whiteboardjournal, logo

Tags