pengalaman unik bagi wisatawan yang memilih destinasi liburan di Sydney. Tidak hanya menampilkan dunia alternatif kepada wisatawan, deretan museum yang ada mampu memberikan substansi dan interpretasi berbeda ketika berlibur ke Sydney. Rasakan secara langsung pengalaman seni ala Sydney dengan penerbangan bintang 5 bersama Garuda Indonesia."/>

Retrospeksi Memori di Sydney

26.06.17

Retrospeksi Memori di Sydney

Cinderamata Sejarah dan Budaya

by Febrina Anindita

 

Ketika suatu fenomena atau zaman berlalu dan meninggalkan memori berupa dokumentasi untuk generasi masa datang, di situlah peran museum. Sebagai institusi seni yang bersifat melestarikan dan memaparkan deretan artefak berdasarkan klasifikasi tertentu, museum memiliki daya tarik tersendiri bagi segala kalangan. Adanya catatan dalam bentuk karya, membuat siapapun yang berkunjung ke museum dapat memahami bahkan menginterpretasikan pergeseran zaman lewat kacamata beragam.

Sydney sebagai salah satu kota di dunia yang memiliki beragam museum pun menjadi destinasi wisata yang sering dikunjungi. Berkat penyebaran berbagai museum di beberapa titik, publik dan wisatawan dapat menjelajahi masa lalu tanpa beranjak dari masa kini. Berikut adalah beberapa museum di Sydney yang menawarkan sejarah dengan kemasan cerita menarik.

huawesmall
http://www.weekendnotes.com

Australian Museum
Disebut sebagai salah satu museum yang patut dikunjungi di Sydney, Australian Museum telah menghadirkan fosil serta koleksi antropologis sejak tahun 1827. Jika Anda tertarik dengan lingkungan alam dan budaya asli Australia, museum ini memiliki segalanya. Mulai cari Kepulauan Pasifik, Benua Asia, Afrika hingga Amerika, Anda dapat melihat fosil mineral, binatang yang diawetkan dan bahkan mainan asli dari suku Aborigin. Adapun yang membuat museum ini semakin menarik adalah Anda dapat menikmati segala pameran hingga jam 9 malam tiap hari Rabu sejak awal tahun 2017 hingga akhir musim panas, dikarenakan partisipasinya dalam acara Wednesday Night Culture Night.

huawesmall
http://sydneylivingmuseums.com.au

Museum of Sydney
Sebagai museum yang juga berdiri sebagai organisasi sejak tahun 1980, Museum of Sydney telah menjadi rumah untuk melestarikan dokumentasi yang ada dan memperkenalkannya kepada publik. Hadir dengan program yang dinamis dan beragam pameran, Anda museum memiliki range luas, sehingga museum ini menjadi salah satu yang terbaik di Australia dalam memaparkan sejarah dengan menarik. Salah satu cara untuk membuat museum ini terus progresif adalah dengan meluncurkan situs sebagai jembatan antara generasi serta pameran yang memungkinkan pecinta seni atau orang awam dapat berinteraksi dan menciptakan hubungan dan proyek yang sustainable.

huawesmall
http://www.coxarchitecture.com.au

Australian National Maritime Museum
Museum yang diurus oleh negara ini terletak di Pelabuhan Darling ini didesain oleh arsitek terbaik di Australia, yaitu Philip Cox. Sejak pintu museum dibuka pada tahun 1991, sekitar 7 galeri utama di dalamnya menghadirkan penemuan Australia, hubungan antara suku Aborigin dengan perairan Australia hingga bagaimana Australia mengoptimalkan perairan mereka untuk relaksasi dan hiburan. Walaupun terletak di luar wilayah ibu kota Australia, museum ini selalu dipenuhi pengunjung yang tertarik dengan dunia maritim. Selain menggunakan area museum, institusi ini juga memiliki koleksi kapal tua yang berlabuh di dekat gedung.

huawesmall
https://www.expedia.com/

Powerhouse Museum
Posisinya sebagai bagian dari Museum of Applied Arts & Sciences, Powerhouse memiliki spesialisi mesin. Selain memamerkan mesin uap tertua di dunia, Whitebread Engine, museum ini juga mencangkup koleksi terkait kostum, space technology, hingga seni dekoratif berbasis teknologi. Berdiri selama lebih dari 100 tahun, Powerhouse selalu menjadi destinasi populer di antara wisatawan. Selain dikarenakan daya tarik konten pameran, koleksi yang menghuni museum ini berjumlah lebih dari 400,000 dan terjaga kondisinya dengan baik sejak tahun 1988. Anda pun dapat menemukan pameran unik terkait mumi Mesir hingga workshop menarik tentang kuantum dan astronomi yang dipimpin langsung oleh ahli astronomi Dr. Paul Payne menggunakan virtual reality 3D.

huawesmall
https://www.property.nsw.gov.au

The Rocks Discovery Museum
Fokus kepada cerita di balik area The Rocks di Sydney, tepatnya era pre-European, museum ini menjadi yang living history berkat gedung yang digunakan serta isi dan konsepnya. Tampilannya yang natural, berwarna coklat dan terbuat dari batu pasir, membuat museum ini mudah dikenali dari jauh serta selalu dicari oleh para wisatawan dunia. Hadir dengan tata ruang sederhana, pengunjung dapat menikmati koleksi unik berupa gambar dan artefak yang ditemukan langsung dari daerah The Rocks. Walau tiap artefak yang ada di museum ini tidak dipamerkan dengan megah, kelengkapan berupa elemen audiovisual untuk menjelaskan cerita di baliknya, membuat sejarah The Rocks seakan kembali hidup.

huawesmall
http://exhibitionfootnotes.org

Museum of Contemporary Art Australia
Sebagai museum dengan arsitektur dan konsep paling cutting-edge di antara deretan museum sebelumnya, Anda dapat menemukan perspektif baru dalam melihat sejarah. Terletak di salah satu area paling spektakuler di ujung Pelabuhan Sydney, institusi ini berdedikasi untuk memaperkan, mengoleksi dan menginterpretasi seni kontemporer. Tanpa melepaskan sejarah dan menggunakan timeframe terkini, Anda mampu melihat sejarah di balik karya terkini. Guna mengoptimalkan konsep tersebut, beragam seniman dari seluruh dunia melewati kurasi ketat dan menggelar pameran di sini untuk menciptakan hubungan antara pecinta seni dan sejarah di Sydney maupun negara lain.

Kehadiran museum sebagai wadah yang menawarkan retrospeksi, mampu memberikan pengalaman unik bagi wisatawan yang memilih destinasi liburan di Sydney. Selain menawarkan kacamata baru dalam melihat sebuah kota beserta budayanya, museum di Sydney juga terus progresif dan relevan dengan era terkini dengan menyandingkan artefak bersama program maupun kelengkapan alat guna memaparkan gagasan. Tidak hanya menampilkan dunia alternatif kepada wisatawan, deretan museum yang ada mampu memberikan substansi dan interpretasi berbeda ketika berlibur ke Sydney. Rasakan secara langsung pengalaman seni ala Sydney dengan penerbangan bintang 5 bersama Garuda Indonesia. Dapatkan penawaran spesial terbang langsung ke Sydney di www.garuda-indonesia.com/australia.whiteboardjournal, logo

Tags