Portofolio: Another Design Co.

16.10.17

Portofolio: Another Design Co.

Menempatkan Rasional dalam Desain

by Febrina Anindita

 

Bagaimana awal mula dibentuknya Another Design Co.?

ADCO terbentuk sebagai medium kolaborasi dari beberapa individu dengan keahlian yang spesifik seperti manajerial, illustration, graphic, web dan interior design pada pertengahan tahun 2015.

Apa karakter yang ingin dimunculkan lewat karya Another Design Co.?

Karakter desain yang efektif dalam proses maupun hasil karya. Efektif berarti seluruh rangkaian proses desain serta eksplorasi visual berfungsi untuk pencapaian tujuan secara tepat dari serangkaian alternatif yang ada. Kemudian konten yang sesuai dengan konteks dan harapannya dapat menjawab brief dengan baik dan efisien.

Apakah ada karya yang bisa menjadi representasi karakter Another Design Co., baik secara idealisme maupun komersil?

Sejauh ini semua karya yang kami hasilkan merupakan representasi dari rangkaian proses dan metode yang kami lakukan.

Bagaimana approach dan proses Another Design Co. terhadap pengerjaan setiap proyek?

Setiap proyek yang kami kerjakan selalu melewati metode yang sama yaitu: penggalian informasi baik internal maupun eksternal, analisa, pendefinisian masalah, ideasi dan pembuatan karya. Namun ada sedikit penyesuaian terhadap intensitas dari setiap fase berdasarkan timeline pengerjaan masing-masing proyek.

Bagaimana Another Design Co. memposisikan idealisme dalam proyek-proyek yang dikerjakan?

Kami berusaha memposisikan idealisme sebagai sesuatu yang seimbang dengan pragmatisme serta fleksibel, tanpa meniadakan unsur tersebut dalam setiap proyek kami. Setiap desainer dalam studio memiliki pemahaman, inspirasi, dan referensi yang berbeda dalam mendesain, serta memiliki kecenderungan untuk menggunakan gaya dan cara yang mereka sukai secara pribadi.

Namun sebagai desainer kami memiliki batasan yaitu brief dari klien yang mencakup fakta, temuan dan tujuan dalam mendesain. Untuk itu penting bagi karya tersebut untuk dapat dikomunikasikan secara rasional, tepat, menjawab kebutuhan klien secara objektif dan kontekstual.

Bagaimana tata manajerial Another Design Co. dalam mengelola tiap personil desainer grafis?

Manajerial dalam studio kami cukup dinamis, setiap proyek yang masuk akan didiskusikan terlebih dahulu untuk menentukan timeline, konsep dan personel yang available untuk mengerjakannya, jika skala nya cukup besar akan ada proyek dikerjakan secara kolaborasi. Setiap desainer dibantu oleh intern ataupun freelancer yang capable sesuai dengan proyek tersebut.

Bagaimana Another Design Co. memposisikan esensi karya desain grafis dalam masyarakat?

Karya desain grafis memegang peranan yang esensial dalam setiap aspek kehidupan masyarakat, baik untuk tujuan komersial, budaya, pendidikan, sosial atau politik. Fungsinya dalam mengatasi masalah komunikasi, informasi, visualisasi, awareness dan klarifikasi terhadap suatu hal.

Untuk itu kami selalu berusaha sebisa mungkin untuk membuat karya desain grafis yang berfungsi dengan baik dan benar serta dapat dirasakan manfaatnya dari segala aspek oleh publik

Bagaimana pengalaman Another Design Co. dalam menjadi bagian dari industri desain grafis di Indonesia?

Industri desain grafis di Indonesia cukup berkembang dari segi supply dan demand. Terlihat dari banyak desainer ataupun studio baru dan juga pelaku usaha yang membutuhkan keahlian dari desainer grafis.

Pengalaman kami dua tahun belakangan, cukup menyenangkan dan menantang. Harapannya sinergi antar pelaku industri desain grafis semakin kuat dan peran aktif dari instansi terkait dapat membuat industri desain grafis Indonesia menjadi sehat dan semakin maju.

Another Design Co.
Kemang Point Building
Jl. Kemang Raya No.3
Jakarta

info@anotherdesign.cowhiteboardjournal, logo

Tags