Bermalam dengan Musik di Pesisir Australia

25.12.17

Bermalam dengan Musik di Pesisir Australia

Cairns, Kota Kecil Penuh Warna

by Febrina Anindita

 

Pantas rasanya jika menyebut musik sebagai sebuah daya tarik baru bagi pengunjung kota Cairns. Walau Great Barrier Reef di kota ini dikenal sebagai salah satu kekayaan alam penerima anugerah “Seven Wonders of The World,” Cairns memiliki kekayaan cita rasa musik yang terlihat dari jumlah cafe atau restoran yang menampilkan live music serta festival-festival dalam berbagai genre, mulai dari electronic dance music yang populer di kalangan anak muda hingga nostalgia musik klasik dan R&B. Penikmat musik yang setia pada satu genre musik sangat beruntung jika berkunjung ke Cairns, karena kebanyakan dari festival yang ada di sana diselenggarakan overnight sehingga pengunjung dapat menikmati dan memperdalam referensi sekaligus mengupas kota ini sampai ke seluk-beluk subkultur dan masyarakatnya.

huawesmall
https://www.gilligans.com.au/gallery/

Jika ingin mencari cara tercepat untuk menikmati Cairns, selain lewat wisata kulinernya, cobalah menikmati musik dari klub ke klub menggunakan Club-hopping bus. Dengan mengendarai bus dari pusat kota, siapa pun bisa merasakan sensasi pesta malam sambil menjelajahi 5 klub terbaik di Cairns, dua di antaranya adalah Gilligan’s dan The Attic. Berkat konsep yang fun, Club-hopping bus mampu menarik perhatian banyak wisatawan yang ingin merasakan night-out penuh suguhan musik dan interaksi dengan sesama penikmat musik.

Lain tempat, lain konsep. Ultimate Party Cairns menawarkan pesta dengan skala lebih besar; bayangkan malam Tahun Baru, yang menggabungkan sensasi klub malam di tengah kota dan di dermaga sambil menikmati kembang api. Walau membutuhkan perjalanan berdurasi kurang lebih 6 jam, gelaran ini merupakan salah satu yang dikejar oleh penggila pesta. Uniknya, Ultimate Party Cairns hanya digelar pada hari Rabu dan Sabtu dikarenakan Australia mempunyai konsep yang berbeda dalam menikmati hiburan malam. Jika pada umumnya hiburan malam hanya dapat dinikmati pada akhir minggu, di Australia, hari Rabu merupakan hari yang pas untuk pergi berpesta.

Tidak hanya itu, penggemar subkultur musik lainnya tentu juga akan dimanjakan oleh festival musik yang lain. Cairns juga terkenal akan cita rasa musiknya yang bernuansa nostalgia seperti musik klasik dan rock and blues. Dalam mengakomodir kegemaran terhadap subkultur musik tersebut, 2 festival musik besar diselenggarakan selama akhir minggu, yaitu Undara Rock and Blues Festival dan Opera in The Outback. Acara-acara musik tersebut diselenggarakan oleh Undara Experience, sebuah instansi perjalanan yang menyediakan paket liburan di Undara. Jarak tempuh selama 4 jam dari kota Cairns, terbukti tidak membuat wisatawan mundur untuk mengunjungi Undara Experience. Akomodasi yang tersedia, seperti bus menuju Undara outback, mempermudah pengunjung untuk menikmati musik dengan setting tidak biasa.

huawesmall
https://audioboom.com/

Terlepas dari perbedaan genre yang ditawarkan oleh kedua festival, kualitas akomodasi yang baik memberikan kesempatan untuk mengikuti rangkaian acara musik sepanjang akhir pekan. Ciri khas yang membuat Opera in The Outback semakin unik adalah pengunjung harus mengenakan dress code formal. Pengunjung akan diajak menonton opera di alam terbuka Australia kala senja.

huawesmall
https://www.weekendnotes.com/opera-in-the-outback-undara/

Selagi di Queensland, rugi rasanya jika melewatkan Airlie Beach Festival of Music. Berlokasi di jantung Great Barrier Reef, festival musik ini tidak henti-hentinya menampilkan musisi lokal dan internasional selama akhir pekan. Artis-artis seperti Bondi Cigars dan Wanita and Her Honky Tonk Bar Dwellers turut hadir meramaikan festival musik ini. Dengan suguhan berbagai genre musik dari country hingga hip hop pada beragam panggung di lokasi berbeda, pengunjung diajak untuk mengeksplorasi Airlie Beach selama festival berlangsung. Bukan hal aneh jika kemudian pantai yang terkenal dengan keindahan alamnya ini, membuat pengunjung ingin bersantai lebih lama setelah festival selesai.

huawesmall
http://www.cooktownandcapeyork.com/

Terlepas dari pengalaman menghadiri acara musik sendiri atau bersama teman-teman, Wallaby Creek Festival menjadi opsi menarik jika Anda berkunjung bersama keluarga. Diselenggarakan di area yang cukup terpencil, festival musik ini menawarkan lingkungan yang menenangkan dan cocok sebagai eskapisme sejenak dari keriuhan rutinitas. Tak hanya itu, festival yang ditujukan untuk keluarga ini menawarkan kegiatan yang harus dilakukan bersama keluarga, mulai yoga, menari, hingga mengasah keterampilan tangan dan Kid’s Corner.

Berkat kehangatan yang ditawarkan Wallaby Creek Festival menjadi sebuah festival musik yang menepis adanya jarak di antara pengunjung dan penampil, di mana semua orang bisa berdendang, bersenda gurau serta berdiskusi mengenai kecintaan mereka terhadap musik tanpa dibatasi oleh apapun.

Musik mampu menembus batas dan sederet festival musik yang menjadi kebanggaan bagi negara bagian Queensland berhasil membuat telinga pengunjung dimanjakan oleh beragam macam alunan musik. Wisatawan maupun masyarakat lokal pun mampu berbaur dan bertukar pikiran dan referensi sehingga menjadikan Cairns tak hanya sebagai kota wisata, tapi juga sebuah kota sustainable berkat pengalaman yang hangat, mulai dari objek wisata dunia di pinggir laut hingga menikmati musik di salah satu gunung berapi Australia. Temukan pengalaman yang tepat untuk Anda melalui Wego, situs travel yang menawarkan harga hotel dan tiket pesawat terbaik saat berlibur ke Cairns.

whiteboardjournal, logo

Tags