Musik Inggris dari Masa ke Masa

04.01.18

Musik Inggris dari Masa ke Masa

Jelajah Perkembangan Genre Britania Raya

by Febrina Anindita

 

Era 1960: Titik Balik

huawesmall
https://www.albertdock.com

Ketika London banyak dipengaruhi oleh blues, Liverpool lebih banyak dipengaruhi musik R&B ala Motown. Mereka memadukan R&B dan rock n’ roll menjadi musik Beat. Kemunculan The Beatles pada tahun 60-an adalah salah satu pelopornya. Kepiawaian The Beatles dalam mengkombinasikan musik R&B dan rock n ‘roll menjadi fenomena yang kemudian dikenal dengan musik Beat. Pengaruh dari The Beatles yang begitu luas baik di Inggris, Amerika maupun seluruh dunia adalah alasan dibuatnya eksibisi Beatles Story, Liverpool yang menampilkan cerita karir The Beatles yang merupakan titik balik yang kita kenal dengan British Invasion. Kunjungi eksibisi Beatles Story untuk melihat perjalanan bagaimana beat music membuka pintu untuk British Psychedelia yang berkembang di akhir era ini.

Era 1970: Periode Pemberontakan

huawesmall
Murad RM

Situasi politik dan ekonomi Inggris di awal 70-an membuat para pemuda di sana berontak. Hal ini menjadi titik kelahiran musik rebel yang kita kenal dengan punk rock. Kunjungi The World’s End Market, London untuk menikmati sajian steak yang mendapat predikat salah satu yang terbaik di dunia, sembari menghidupkan kembali sejarah di tempat di mana Malcolm McLaren dan Vivienne Westwood sempat menjadi salah satu tenant dan memulai sejarah The Sex Pistols. Sekitar setengah jam perjalanan dari sana, Camden juga merupakan tempat yang wajib menjadi tujuan, karena di area tersebut fondasi musik ini dibangun. Tepatnya di Roundhouse, di mana Ramones bermain dan menjadi katalis pemberontakan bagi semua penontonnya, yang di antaranya merupakan sosok yang nantinya membentuk The Clash, The Sex Pistols, The Damned dan Chrissy Hynde.

Era 1980: Invasi Kedua

huawesmall
Manchester Evening News

Rasanya tak mungkin membicarakan musik Inggris era 80-an tanpa menyebut nama The Smiths. Berawal di King’s Road di mana Johnny Marr bertemu Morrissey, dimulailah perjalanan The Smiths untuk menjadi salah satu band paling influensial dari Inggris. Dan, untuk penggemar anak-anak Manchester ini, Salford Lads Club adalah destinasi wajib. Di sana kita bisa mengunjungi lokasi foto kover album The Queen is Dead, juga menikmati dan belanja berbagai memorabilia dari The Smiths. Di periode yang sama, klub-klub di Inggris, terutama di London, hadir dengan mewadahi musik Acid House. Naiknya genre ini di Inggris disebut sebagai “The Second Summer of Love.”

Era 1990: Serba Inggris

huawesmall
https://www.timeout.com

Maraknya grunge dari Amerika membuat gerah para anak muda Inggris. Perlawanan kemudian hadir saat mereka mengambil akar dari musik Beat dan Madchester, untuk melahirkan musik Britpop. Genre ini mulai dikenal sejak Suede memenangkan Mercury Prize di awal 90-an. Tapi genre ini mulai meledak saat munculnya friksi di klub The Good Mixer, London dimana perselisihan panjang Oasis dan Blur yang nantinya disebut dengan “The Battle of Britpop” mengemuka. Sekitar 20 menit dari The Good Mixer, sejarah lain Britpop juga hidup di Berwick Street, London tempat di mana Oasis mengambil foto untuk salah satu kover album legendaris mereka, “(What’s The Story) Morning Glory?” Sementara itu, sepulangnya dari pesta di Ibiza, Danny Rampling dan Andrew Weatherall membawa pulang Balearic beat untuk jadi lagu kebangsaan baru di klub-klub underground London. Inilah yang kemudian menjadi awal kelahiran UK Garage yang sangat definitif dalam peta musik Inggris. Kunjungi Fabric, salah satu klub spesialis musik House yang mengabadikan salah satu movement.

Era 2000: Semangat Kembali Hidup

huawesmall
Music Festival News

Hyde Park, London adalah salah satu tempat yang menjadi saksi sekaligus bukti bagaimana musik asal Inggris terus hidup dari masa ke masa. Taman ini tak jarang menjadi venue festival musik besar yang menampilkan musisi terbaik Britania Raya, mulai dari post-rock, post-punk dan post-britpop yang kemudian hidup kembali sebagai post-punk revival dan nu rave yang masih mampu menembus kesuksesan komersial hingga kini.

Musik asal Inggris menunjukkan keragaman dan inovasi. Hal ini terlihat dari bagaimana musisi-musisi Inggris telah menciptakan ragam genre yang berpengaruh bagi dunia yang terlihat jelas perkembangannya di beberapa kota besarnya seperti, London, Liverpool, Manchester dan Birmingham. Rasakan sendiri bagaimana kultur musik inggris dengan memulainya di sini. whiteboardjournal, logo

Tags