Another Case of Going SUV: Nama “Century” Milik Toyota Kini Ditempel ke SUV High-end yang Japan-only

Design
10.09.23

Another Case of Going SUV: Nama “Century” Milik Toyota Kini Ditempel ke SUV High-end yang Japan-only

Mengikuti tren belakangan, Toyota turut merilis versi SUV dari sedan range-topping-nya, Century.

by Whiteboard Journal

 

Teks: Garrin Faturrahman
Foto: Toyota

Toyota Century telah lama menjadi halo car dari produsen Jepang ini yang didesain dan dijual khusus di tanah kelahirannya. Debut pada akhir 1960-an, sedan mewah Century memiliki karakter yang menonjolkan kemewahan no frills, berwujud sedan full-size, serta memiliki khas yaitu dilengkapi dengan mesin V12 halus. Namun, baru-baru ini mulai terjadi peralihan: penggunaan sistem hibrida V8 serta teknologi-teknologi mutakhir, dan sekarang, nama “Century” menemukan hidup baru dalam wujud SUV.

Toyota Century “original” yang masih berbentuk sedan ini tetap dijual bersandingan dengan Toyota Century SUV ini, dan desain kedua model ini pun tetap berada di satu tema yang sama: Desain mengotak, sekaligus understated namun anggun khas Japanese luxury. Century baru ini sebenarnya sebesar banyak SUV full-size, tetapi hanya berkapasitas empat orang karena dua kursi belakang dapat direbahkan dalam berbagai posisi, serta menawarkan fitur-fitur penuh teknologi seperti sistem hiburan mutakhir, dan bahkan driving mode yang dirancang untuk mengurangi guncangan pengereman bagi penumpang di kursi belakang.

Versi ini akan menawarkan lebih banyak kemungkinan kustomisasi dan personalisasi, termasuk berbagai warna eksterior, skema warna two-tone, dan berbagai pilihan jok interior. Selain itu, GR (Gazoo Racing), sub-brand Toyota yang memiliki fokus akan balapan, juga merilis versi mereka yang lebih sporty dengan desain pelek yang spesial, serta dilengkapi dengan pintu geser.

Toyota hanya berencana memproduksi 30 unit per bulan, dan Century SUV (seperti halnya Century yang lalu-lalu) hanya akan tersedia untuk pasar Jepang. Harganya akan dimulai dari sekitar ¥25.000.000, atau Rp2.600.000.000 jika dikonversikan ke Rupiah.whiteboardjournal, logo