Jawab Kebutuhan Masa Kini, Helvetica Miliki Wajah Baru

Design
22.04.19

Jawab Kebutuhan Masa Kini, Helvetica Miliki Wajah Baru

Memberikan para penggunanya keleluasaan untuk mengeksplorasi berbagai jenisnya sesuai tujuan dan estetika desain.

by Whiteboard Journal

 

Teks: Wintang Warastri

Foto: Dezeen

Dalam dunia desain, mungkin tidak ada jenis font yang lebih populer dari Helvetica. Tampilannya yang bersih membuat font tersebut mudah diterima dan disesuaikan dengan konsep branding dari berbagai merek dari bermacam industri. Helvetica pun telah menjadi pilihan banyak korporasi raksasa sebagai elemen desain logo mereka, mulai dari Microsoft dan Skype, hingga American Apparel dan The North Face.

Meskipun ia adalah salah satu font paling sering dipakai sejak kelahirannya di 1957, bukan berarti Helvetica tidak memiliki kekurangan. Ia dapat tampak terlalu sederhana dalam beberapa konteks tertentu, juga terlihat janggal jika diperbesar tanpa penyesuaian lebih lanjut dari desainernya. Pun di dunia digital saat ini, Helvetica seringkali menjadi sulit terbaca saat ditampilkan dalam layar gadget berukuran kecil. Sebagai perusahaan yang memiliki Helvetica, Monotype juga menyadari beberapa kelemahan ini dan berupaya untuk mengatasinya selama dua tahun belakangan, setelah pembaruan terakhir sebelumnya yang ditandai dengan kemunculan Helvetica Neue pada 1983.

Sebagai hasilnya adalah Helvetica Now, nama baru yang menggambarkan harapan untuk lebih memadai kebutuhan aplikatif teks masa kini. Ia terbagi menjadi tiga variasi yang juga disebut sebagai masters, yaitu Micro, Display dan Text. Setiap variasi dari Helvetica Now didesain secara spesifik untuk setiap penggunaan tertentu, dengan penyesuaian spasi dan estetika yang memudahkan para desainer untuk mengaplikasikannya. Micro adalah untuk penggunaan pada layar kecil yang memecahkan isu legibilitas pada gadget, Display ditujukan untuk penggunaan berukuran besar seperti papan reklame yang menjawab isu kejanggalan saat diperbesar, juga Text diperuntukkan pada penggunaan dalam materi bacaan berukuran pada umumnya. Selain diversifikasi dalam tipe masters, Helvetica Now juga memiliki berbagai variasi weights mulai dari ekstra tipis hingga tebal dan padat, sehingga memberikan para penggunanya keleluasaan untuk mengeksplorasi berbagai jenisnya sesuai tujuan dan estetika desain.

Helvetica Now dapat dijumpai di situs resmi Monotype, terbuka untuk digunakan secara luas sesuai lisensinya.whiteboardjournal, logo

Tags