Dari Warna Gradasi hingga Font Baru, Instagram Lahir Kembali dengan Nuansa Cerah

Media
25.05.22

Dari Warna Gradasi hingga Font Baru, Instagram Lahir Kembali dengan Nuansa Cerah

Instagram kembali persegar tampilan visual mereka dengan sejumlah update terbaru seperti perubahan gradasi pada logo, font baru “Instagram Sans”, serta layout yang mengedepankan pembangunan komunitas global.

by Whiteboard Journal

 

Teks: Inaya Pananto
Foto: Instagram/Design at Meta

Merubah atau memperbarui tampilan visual adalah salah satu cara perusahaan media sosial untuk membuat aplikasi mereka tetap segar, menarik, dan terus dinanti-nanti. Selain penambahan fitur atau perubahaan pengaturan, terkadang perubahan yang mereka lakukan hanyalah sesimpel penambahan warna atau penggantian font. Terkadang kita telah terlalu terbiasa dengan sebuah bentuk tampilan, hingga perubahan sekecil apapun akan terasa segar dan asing. 

Rebranding terbaru dari Instagram. (Foto: Instagram)

Inilah yang dilakukan Instagram dalam ‘visual refresh’ terbaru mereka. Hal pertama yang mereka perbarui adalah gradasi pink, merah, kuning, oranye, ungu, dan biru pada logo mereka. Gradasi ini telah menjadi signature dari instagram, di atas ikon putih minimalis yang merupakan perubahan desain signifikan dari logo kamera di tahun 2016 silam. Kali ini perubahan logo yang dilakukan tidak sedemikian mencolok. Mereka hanya mengubah sedikit komposisi gradasi dan membuatnya menjadi lebih terang. Kemajuan desain lain adalah membuat efek gradasi ini lebih hidup dan 3D.


Selain itu, Instagram juga meluncurkan font khusus terbaru mereka yang diberi nama “Instagram Sans”. Font ini merupakan perpaduan segar dan menyenangkan antara font block umum dengan twists and twirls. Font baru ini akan dimasukkan ke dalam fitur Instagram Stories dan Reels. Dari segi desain dasar, Instagram memang tidak menggunakan sudut-sudut tajam dalam ikon dan logo mereka. Hal inilah yang terefleksikan langsung dalam sudut-sudut lengkung melingkar dari Instagram Sans. 

Profil desain Instagram Sans. (Foto: Design at Meta)

Terakhir adalah update dari segi layout. Tak bisa dimungkiri layout adalah salah satu key factor paling penting dalam platform-platform digital. Di update terbaru ini Instagram menata ulang tampilan layout mereka dan memasang laman community sebagai front terdepan. Objektif dari pembaruan ini adalah untuk menyediakan inspirasi serta mengembangkan komunitas dan passion. 

Instagram sebagai platform media sosial ber aspirasi untuk menyediakan komunitas global yang imersif dan inklusif dengan cara fokus kepada aspek aksesibilitas dan keaslian proses desain mereka. Karena itulah mereka melakukan banyak update fitur dan penyegaran visual untuk menaikkan interaksi dengan penggunanya.whiteboardjournal, logo