Video Klasik “Charlie Bit My Finger” Siap Dihapus Setelah Laku sebagai NFT Senilai USD $760,000

Media
26.05.21

Video Klasik “Charlie Bit My Finger” Siap Dihapus Setelah Laku sebagai NFT Senilai USD $760,000

Setelah perang tawar yang sengit, video ‘Charlie Bit My Finger’ resmi dijual sebagai NFT untuk dinikmati pemenangnya secara pribadi.

by Whiteboard Journal

 

Text: Shadia Kansha
Foto: Youtube/Charlie bit my finger!

Pada tahun 2007, media sosial Youtube mengorbitkan sebuah home video yang menggemaskan. Dalam video tersebut, seorang bayi bernama Charlie menggigit jari kakaknya dan menyuarakan catchphrase yang menempel di kepala banyak orang, yaitu “Ouch! Charlieeeee, that really hurt!”. Video klasik bertajuk “Charlie Bit My Finger” tersebut telah menjadi bagian dari pop culture kesayangan para penonton Youtube dari seluruh dunia. 

Siapa yang menyangka bahwa setelah 14 tahun beredar, video yang telah disaksikan 900 juta kali di Youtube tersebut telah dijual sebagai Non-Fungible Token (NFT) melalui proses lelang dan resmi laku dengan nilai USD $761,000 pada hari Minggu, 23 Mei 2021 lau.

Menandai hari jadi beredarnya video tersebut, pelelangan yang menjanjikan kepemilikan tunggal atas bagian manis dari sejarah dunia maya menghasilkan tawaran dari 11 akun dan memantik perang tawar antara akun ‘mememaster’ dan ‘3fmusic’. Lelang berakhir dengan tawaran akhir oleh ‘3fmusic’ senilai USD $760,999.

Lantas apa konsekuensi dari penjualan tersebut? Untuk menjaga komitmen kepemilikan tunggal yang telah dijanjikan, keluarga Davies-Carr (pemilik awal video tersebut) merencanakan penghapusan video tersebut dari akun Youtube mereka. Sehingga, video tersebut tidak lagi dapat dinikmati secara cuma-cuma.

Bagi kalian yang tumbuh bersama video tersebut, segeralah mampir dan menonton kembali video klasik ini. Lepaslah rindu sebelum besok tak mampu!whiteboardjournal, logo