Bandcamp Donasikan Profit untuk Mendukung Gerakan #BlackLivesMatter

Music
03.06.20

Bandcamp Donasikan Profit untuk Mendukung Gerakan #BlackLivesMatter

Dikumpulkan selama 24 jam pada 19 Juni mendatang, donasi ini akan diberikan kepada NAACP Legal Defense Fund untuk memberantas kasus diskriminasi rasial.

by Whiteboard Journal

 

Teks: Annisa Nadia Harsa
Foto: Bandcamp

Bandcamp, sebuah platform musik bagi para musisi independen, telah meluncurkan sebuah inisiatif guna mendukung gerakan #BlackLivesMatter. Dukungan tersebut datang dalam bentuk donasi finansial yang akan disumbangkan kepada NAACP Legal Defense Fund, sebuah organisasi hak sipil sekaligus firma hukum yang berfokus pada pemberantasan kasus ketidakadilan rasial di Amerika Serikat.

Penggalangan dana ini dilakukan dengan menyumbangkan 100% keuntungan mereka dalam 24 jam untuk organisasi NAACP Legal Defense Fund. Hal ini pun akan dilaksanakan pada 19 Juni mendatang, sekaligus sebagai bentuk perayaan Juneteeth atau hari pembebasan komunitas kulit hitam di Amerika dari perbudakan pada tahun 1865. Selain inisiatif tersebut, Bandcamp juga menyatakan melalui situs mereka bahwa mereka akan mengalokasikan dana sebesar $30.000 tiap tahunnya untuk bekerja sama dengan berbagai organisasi yang membantu menangani isu-isu diskriminasi rasial serta bantuan bagi para komunitas minoritas di Amerika.

Bandcamp juga menyatakan bahwa inisiatif tersebut merupakan upaya untuk terus menyebarkan pesan-pesan anti-diskriminasi dalam industri musik. Hal ini pun akan mereka lakukan dengan terus mendukung dan mempromosikan berbagai musik dari berbagai etnis, para musisi dan seniman lokal, organisasi-organisasi lain di sekitar mereka, hingga cara kerja mereka sebagai suatu tim.

Hal ini bukanlah kontribusi pertama dari platform musik tersebut dalam meluncurkan berbagai inisiatif sosial. Sebelumnya, guna mendukung para musisi yang terkena dampak finansial dari wabah virus COVID-19, Bandcamp telah memutuskan untuk mendonasikan 100% keuntungan mereka yang diraih dalam 24 jam pada tiap hari Jumat selama tiga bulan.whiteboardjournal, logo