Who, What, Why: Ananda Sukarlan

Music
10.10.18

Who, What, Why: Ananda Sukarlan

Pianis dan komponis asal Indonesia, Ananda Sukarlan telah menjadi salah satu tokoh terkemuka di ranah musik klasik internasional.

by Emma Primastiwi

 

WHO

Pianis dan komponis asal Indonesia, Ananda Sukarlan telah menjadi salah satu tokoh terkemuka di ranah musik klasik internasional. Telah mendedikasikan karirnya untuk melestarikan musik klasik di Indonesia dan juga ranah internasional, Sukarlan menjadi satu-satunya orang Indonesia yang didaftar dalam “The 2000 Outstanding Musicians of the 20th Century”. Telah lama menetap di Spanyol, sekarang Sukarlan sangat aktif dalam membuat musik untuk anak-anak difabel.

WHAT

Prestasi Ananda Sukarlan sebagai musisi dan akademis sangatlah panjang, tak hanya mengabdikan karirnya sebagai musisi, ia juga aktif dalam edukasi musik baik di Indonesia maupun di Spanyol. Namun, di antara karya-karyanya; dari musik maupun akademis, yang paling terkemuka sampai sekarang adalah Rapsodia Nusantara, sebuah kelompok musik yang mendasari instrumentasi mereka pada musik-musik rakyat dari berbagai provinsi di Indonesia yang terutama dimainkan di piano. Hasil karya Rapsodia Nusantara yang secara mulus menggabungkan musik klasik dan musik daerah ini telah mendapat pengakuan di seluruh dunia, dengan nomor-nomor mereka yang telah dimainkan oleh pianis lokal maupun internasional.

Upaya Sukarlan untuk menginkorporasikan musik klasik dalam budaya sehari-hari tidak berhenti disitu, sebagai penderita Tourette-Aspergers Syndrome, ia juga berkonsentrasi dalam membuat musik untuk anak-anak difabel. Ia juga mengaplikasikan penyakitnya ini untuk mengembangkan edukasi musik bagi anak-anak yang hidup dengan autisme melalui kerja sama dengan Fundacion Musica Abierta, dan kreasinya sendiri di Indonesia, Yayasan Musik Sastra Indonesia (YMSI).

WHY

Dikenal sebagai komponis, pianis, pendidik, dan juga aktivis kebudayaan Indonesia, Ananda Sukarlan memulai perjalanannya dengan musik di usia 5 tahun dengan mempelajari piano. Sebagai seorang pianis muda, ia telah berhasil meraih piala di berbagai kompetisi internasional. Prestasi inilah yang membantu mengangkat tak hanya namanya sendiri, tapi nama Indonesia di ranah musik klasik di penjuru dunia. Tak hanya itu, Sukarlan juga sangat dihormati di antara rekan-rekannya, yang menuntunnya untuk berkolaborasi dengan beberapa komponis-komponis ternama di seluruh dunia. Tanpa melupakan tanah airnya, Sukarlan selalu menginkorporasi elemen-elemen etnik Indonesia dalam hasil kolaborasi-kolaborasinya yang disuguhkan kepada audiens internasional. whiteboardjournal, logo