Berwisata Sambil Mendengarkan “Beats of Singapore” Lewat Playlist Spotify

Travel
19.03.19

Berwisata Sambil Mendengarkan “Beats of Singapore” Lewat Playlist Spotify

Menikmati negeri ini melalui musik serta menemukan lebih banyak hal untuk dilakukan dan dilihat saat berada di Singapura.

by Whiteboard Journal

 

Teks: Vestianty
Foto: The Most Perfect View

Perjalanan berwisata tak lengkap rasanya jika tak ditemani oleh iringan musik untuk menambah rasa euforia pelancongan. Beberapa lagu pun dapat mengingatkan kembali akan kenangan tertentu ketika mengunjungi suatu daerah. Hal ini kemudian diangkat oleh Singapore Tourism Board (STB) bekerja sama dengan Spotify untuk menemukan kembali pengalaman baru di Singapura lewat musik universal. Melalui kampanye bertajuk “Beats of Singapore”, pengguna Spotify di Indonesia, Filipina, Thailand, dan Vietnam diundang untuk menjelajahi Singapura melalui playlist Spotify yang memungkinkan kita bisa lebih menikmati negeri ini melalui musik, dan menemukan lebih banyak hal untuk dilakukan dan dilihat saat berada di Singapura.

Mulai kini hingga 31 Maret 2019, masyarakat Indonesia yang berkunjung ke Singapura sekarang dapat mendengarkan rekomendasi lagu dari orang Singapura dan juga influencer Indonesia di Spotify yang akan membawa kenangan akan tempat atau kegiatan favorit mereka di Singapura. Rekomendasi daftar lagu dari salah satu influencer ternama, seperti Patricia Devina, disusun berdasarkan perjalanan terakhir mereka saat ke Singapura. “Lagu-lagu karya LANY atau Honne menemani suasana nyaman P.S. Café di Boat Quay, lagu-lagu ceria dari Jenny “Solo” atau Khalid “Better” ketika sedang mood berbelanja, atau alunan lagu klasik Erik Satie sambil mengagumi karya seni di National Museum Singapore,” tutur Patricia. Kampanye unik ini bertujuan untuk menghubungkan wisatawan Indonesia dan Singapura melalui apresiasi universal terhadap musik dan passion bersama.

Saat para wisatawan menemukan dan menghargai sebuah kota secara berbeda, masing-masing dari mereka menjadi bagian “Passion Tribes”, yaitu pengelompokan pengunjung berdasarkan gaya hidup dan minat mereka saat bepergian yang berbeda pula, mulai dari Foodies, Explorers, Collectors, Socialers, Action Seakers, Culture Shapers, dan Progressors. Contohnya, bagi mereka yang berada di kelompok Foodies sering menikmati pengalaman kuliner ketika bepergian, sementara mereka yang berada di kelompok Socialisers menikmati jalinan koneksi bermakna melalui musik dan hiburan.

Ketika mengunjungi microsite “Beats of Singapore”, wisatawan akan diminta untuk masuk ke akun Spotify mereka. Kemudian mereka akan dicocokkan dengan profil “Passion Tribe” sesuai dengan playlist favorit pengguna dan dari data insight unik Spotify, yang mempelajari preferensi musik dan kebiasaan pendengar. Bagi pengunjung yang sudah berada di Singapura, mereka juga dapat menyetel daftar lagu “Passion Tribe” mereka yang dikurasi khusus oleh orang Singapura. Wisatawan sekarang dapat menikmati kota melalui pemandangan, dan juga melalui musik. Pengguna juga dapat mengunduh rencana perjalanan, dan bahkan membuat rekomendasi mereka sendiri tentang Singapura kepada orang lain yang memiliki kegemaran sama. Pengguna yang masuk ke situs tersebut dan berpartisipasi dalam kampanye ini juga akan dapat berkesempatan untuk memenangkan langganan premium Spotify selama satu bulan, dengan pemenang mingguan beruntung dapat memenangkan langganan premium selama enam bulan dari Spotify.

Sudah siap untuk berpetualang ke Singapura? Cek info lengkapnya di sini.whiteboardjournal, logo