[Updated] Acara Musik, Festival Film sampai Konferensi Yang Dibatalkan Karena COVID-19

Ideas
17.03.20

[Updated] Acara Musik, Festival Film sampai Konferensi Yang Dibatalkan Karena COVID-19

Sederet acara yang diundur atau dibatalkan untuk mencegah penyebaran Covid-19

by Emma Primastiwi

 

Foto: NBA 

Ancaman wabah Covid-19 masih menghantui masyarakat luas di seluruh dunia. Italia baru saja mengumumkan lockdown total satu negara dalam upaya menghambat penyebaran virus ini lebih lanjut. Tak hanya itu, pemerintah Jerman, Denmark dan Switzerland pula mengeluarkan larangan akan acara atau perkumpulan dengan audiens lebih dari 1000 orang. Dengan jumlah kasus yang semakin meningkat, warga dan pemerintah dunia pun juga semakin waspada. Karenanya, berbagai macam acara yang telah dinanti kedatangannya pun ditunda. Berikut adalah beberapa acara yang tertunda untuk mencegah penyebaran Covid-19: 

Tokyo Olympics 2020 – Tokyo, Jepang 

Setelah mengambil kebijakan untuk mengadakan upacara penyalaan obor tanpa penonton, kabarnya acara kompetisi berskala internasional ini akan mengundur perhelatannya. Sebelumnya, pihak IOC, International Olympic Committee, bersikeras bahwa acara ini akan diusahakan untuk tetap berlangsung pada 24 Juli mendatang. Namun, anggota IOC, Dick Pound, telah mengabarkan bahwa Tokyo Olympics 2020 untuk sementara ini akan diundur.

Whitney – Jakarta, Indonesia

Whitney, band asal Amerika yang dikenal dengan musik indie folk telah mengumumkan bahwa konser Jakarta mereka akan ditunda karena pandemi ini. Konser tersebut awalnya akan diselenggarakan pada 29 Maret mendatang di Soehanna Concert Hall, Jakarta Selatan dan merupakan bagian dari tur “Forever Turned Around” mereka tahun ini. Pada tanggal 4 Maret kemarin, promotor mereka, Plainsong Live, mengumumkan melalui Instagram bahwa penampilan dari band tersebut akan diundur hingga situasi COVID-19 mereda.

Cannes Film Festival – Cannes, Perancis

Festival film tahunan yang diselenggarakan di Cannes, Perancis telah mengumumkan melalui situs resmi dan Twitter bahwa festival tahun 2020 ini akan ditunda guna mengurangi penyebaran wabah COVID-19. Acara tersebut awalnya akan diselenggarakan pada tanggal 12 hingga 23 Mei mendatang, tetapi ada kemungkinan bahwa acara tersebut akan diundur hingga Juni atau Juli akhir yang mendatang.

MET Gala 2020 – New York, USA 

Metropolitan Museum of Art mengumumkan bahwa untuk menghindari perkumpulan lebih dari 50 orang, pameran-pameran MET akan ditutup untuk sementara. Tak lama kemudian,  Anna Wintour pun menyatakan bahwa malam terbesar dalam kalender fashion, Met Gala juga turut dibatalkan.

 

Foto: Glastonbury

GlastonburySomerset, UK

Dengan kasus Covid-19 yang berkembang semakin pesat di Inggris, festival Glastonbury mengumumkan pengunduran acaranya. Gelaran yang seharusnya berlangsung tanggal 24-28 Juni ini seharusnya menampilkan Paul McCartney, Kendrick Lamar dan Taylor Swift sebagai headliner utamanya dan masih banyak lagi. Kabarnya, festival ini akan diundur sampai awal tahun 2021. 

 


Foto: UEFA

UEFA Euro 2020 – Eropa 

Keputusan untuk menunda Euro 2020 diumumkan pada Selasa sore kemarin setelah konferensi video para anggota asosiasi UEFA. Turnamen ini dikabarkan diundur sampai tanggal 11 Juni 2021. Dalam beberapa bulan kedepan, UEFA juga harus menentukan keputusan seputar turnamen Women’s Euro yang akan jatuh 4 hari setelah turnamen pria.

Foto: Head in The Clouds

Head in The Clouds Festival – Jakarta, Indonesia

Head In The Clouds, festival garapan 88 Rising telah resmi dibatalkan. Telah mengharumkan nama-nama Indonesia seperti Niki Zefanya, Rich Brian dan Stephanie Poetri, festival ini seharusnya menjadi sebuah homecoming show bagi ketiga musisi tersebut. Tetapi, dua anggota staf Chungha, artis asal Korea yang seharusnya ikut tampil di Head in The Clouds 2020 telah dinyatakan positif mengidap virus Covid-19. Demi keselamatan para artis dan penonton yang akan datang, Head in The Clouds akan diundur sampai akhir tahun ini. 

 

 

Foto: Ubud Food Festival

Ubud Food Festival – Bali, Indonesia 

Menggarap tema-tema unik setiap tahunnya, Ubud Food Festival hadir secara konsisten sebagai wadah untuk berbagi cerita melalui makanan. Awalnya dijadwalkan untuk berlangsung di bulan April, Ubud Food Festival telah mengumumkan pengunduran jadwalnya sampai bulan Juni untuk menghindari puncak pandemi Covid-19. 

 

 

Foto: Flavs Festival

FLAVS Festival – Jakarta, Indonesia 

FLAVS, festival hip-hop Indonesia yang menjanjikan kedatangan rapper asal Inggris Stormzy, telah mengumumkan pembatalan penampilannya. Akan diselenggarakan di tanggal 4 dan 5 April nanti, festival ini merupakan sarana musik pertama yang mengenali dan merayakan tumbuhnya pergerakan musik hip-hop di Indonesia. FLAVS akan diundur ke tanggal 8-9 Agustus 2020.

Foto: Hammersonic

Hammersonic – Jakarta, Indonesia  

Festival musik metal & rock, Hammersonic mengumumkan bahwa gelaran yang seharusnya berlangsung di tanggal 27-28 Maret 2020 ini akan dijadwalkan ulang di tanggal 15-17 Januari 2021. Tak berhenti disitu, mereka juga mengumumkan tiga headliner dan dua co-headliner tambahan yang akan bergabung dalam rangkaian acara mereka di bulan Januari mendatang.

 

 

Foto: Coachella

Coachella  – Indio, USA 

Coachella merupakan festival musik yang paling diantisipasi di Amerika. Seharusnya berlangsung di bulan April, festival ini telah diundur sampai bulan Oktober, tepatnya tanggal 9-11 Oktober untuk Pekan 1, dan 16-18 untuk Pekan 2. Untuk sekarang masih belum ada perubahan terkait line up bulan Oktober nanti. 

 

 

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Coachella (@coachella) on

SXSW – Austin, USA 

Festival multi-industri, South by Southwest (SXSW) diwajibkan untuk mengikuti arahan resmi kota Austin untuk membatalkan gelarannya tahun 2020. Meskipun festival ini dibatalkan, para peserta SXSW masih nekat menyelenggarakan beberapa acara pendamping untuk memuaskan para penggemarnya. Walau masih belum ada tanggal yang resmi, penyelenggara SXSW menyatakan bahwa mereka berencana untuk menjadwalkan ulang acara ini di akhir tahun nanti. 

 

 

 

View this post on Instagram

 

An Update on SXSW 2020. Please follow the link in our bio to read our full statement.

A post shared by SXSW (@sxsw) on

Foto: Ultra Music Festival

Ultra Music Festival  – Miami, USA 

Kota Miami telah mengeluarkan arahan resmi yang mewajibkan pembatalan Ultra Music Festival edisi ke-22 ini. Direncanakan untuk berlangsung tanggal 20-22 Maret 2020 di Bayfront Park akhirnya diundur ke tanggal 26-28 Maret 2021. 

 

 

 

View this post on Instagram

 

OFFICIAL NOTICE

A post shared by Ultra Music Festival (@ultra) on

Foto: E3

E3 Gaming Convention  – Los Angeles, USA 

Electronic Entertainment Expo (E3), konvensi elektronik dan gaming terbesar di Amerika mengumumkan pembatalan gelarannya di tahun 2020 ini. Dijadwalkan untuk berjalan di bulan Juni, para panitia masih ragu bahwa pandemi ini akan berakhir di bulan Juni nanti. Apakah E3 akan kembali hadir di akhir tahun ini juga belum diketahui. 

 

 

Foto: TED

TED: Uncharted – Vancouver, Kanada

Konferensi TED Uncharted yang seharusnya berlangsung di Vancouver tanggal 20-24 April mendatang secara resmi telah ditunda. Dengan 73 kasus positif Covid-19, termasuk Sophie Gregoire Trudeau istri dari perdana menteri Justin Trudeau, pemerintah Kanada berupaya untuk meratakan kurva atau “flatten the curve” dari penyebaran Covid-19 dengan membatalkan semua acara publik, sampai menutup border mereka untuk non-citizen

Foto: Tomorrowland

Tomorrowland Winter – Huez, Perancis

Para penggemar Tomorrowland pun harus menunggu setelah wabah Covid-19 ini berakhir untuk bisa menikmati musik-musiknya. Gelaran yang seharusnya diselenggarakan pada tanggal 14-21 Maret di Perancis ini akhirnya dibatalkan tanpa informasi penjadwalan ulang. Namun, Tomorrowland di tanggal 17-19 Juni dan Tomorrowland Boom, Belgia masih berjalan sesuai rencana. 

 

 

 

View this post on Instagram

 

In the beginning of February the build-up of Tomorrowland Winter 2020 in Alpe d’Huez started. Today, it is with a heavy heart that we have to inform you that the French Government has decided to cancel this year’s edition (March 14 -21). Since Saturday we were in close contact with the French Government about the impact of the COVID-19 virus (coronavirus) and we finally received their official decision. The French Government is taking drastic measures regarding the COVID-19 virus in France. Therefore they are enforcing the cancellation of large events, bringing together people from different nationalities on closed festival grounds and event locations. The ski area of Alpe d’Huez Grand Domaine Ski (Alpe d’Huez, Oz en Oisans, Vaujany, Auris and Villard Reculas) will remain open for all visitors, including all normal activities (ski lifts, slopes, bars, restaurants…), just like all other ski resorts in France. All our visitors will be contacted personally later today, by e-mail and within the Tomorrowland Account, regarding the next steps.

A post shared by Tomorrowland Winter (@tomorrowlandwinter) on

Foto: NBA

NBA – USA & Kanada 

Komisaris Adam Silver mengumumkan bahwa liga NBA tidak akan berjalan selama setidaknya 30 hari setelah Rudy Gobert (Utah Jazz) dinyatakan positiv Covid-19. Selama masa penangguhan ini, para pemilik dan ketua-ketua liga akan melihat tingkat keamanan dan menilai potensi melanjutkan musim ini. Tidak lama setelah pernyataan tersebut, teammate Gobert, Donovan Mitchell (Utah Jazz) dan Christian Wood (Detroit Pistons) mengumumkan bahwa mereka juga dinyatakan positif Covid-19 lewat akun Instagram masing-masing.

 

 

 

View this post on Instagram

 

A Letter to NBA Fans

A post shared by NBA (@nba) on

Foto: Liga Italia

Liga Italia: Serie A – Italia 

Italia telah mengundur penyelenggaraan Liga Italia sampai tanggal 3 April. Di antara negara-negara Eropa lainnya, Italia masih memiliki jumlah kasus Covid-19 tertinggi yang akhirnya mendorong pemerintah untuk segera melakukan lockdown total dalam satu negara. Jika keadaan masih belum membaik sampai tanggal 3 April, Liga Italia bisa saja dilanjutkan tanpa pemenang Serie A. 

 

 

Foto: MGM

Premier Film No Time to Die – UK & USA 

Setelah menerima berbagai keluhan dari para penggemar James Bond, MGM pun mengumumkan bahwa premier No Time to Die telah diundur. Dijadwalkan untuk tayang pada bulan April, premier No Time to Die akan diselenggarakan tujuh bulan kemudian, di tanggal 12 November 2020.

 

 

whiteboardjournal, logo