Dukung Musisi Independen, Bandcamp Perpanjang Program Donasi “Bandcamp Fridays” Selama hingga Akhir 2020

Music
25.07.20

Dukung Musisi Independen, Bandcamp Perpanjang Program Donasi “Bandcamp Fridays” Selama hingga Akhir 2020

Diluncurkan pada Maret 2020 silam, inisiatif ini memberikan 100% keuntungan yang diperoleh dalam 24 jam pada tiap hari Jumat bagi para musisi dan label rekaman independen.

by Whiteboard Journal

 

Teks: Annisa Nadia Harsa
Foto: Bandcamp

Guna memberi bantuan bagi para musisi yang harus berjuang di tengah pandemi, situs platform musik Bandcamp kerap mengulurkan tangan mereka. Berawal dari sebuah inisiatif tunggal yang menyalurkan penghasilan dari penjualan selama 24 jam pada hari Jumat yang berlanjut selama tiga bulan, platform tersebut pun kini umumkan bahwa inisiatif ini akan diperpanjang hingga akhir tahun 2020.

Diluncurkan pertama kali pada Maret 2020 kemarin, inisiatif dari Bandcamp ini merupakan bentuk penyaluran bantuan bagi para musisi yang harus menghentikan tur dan berbagai pertunjukan musik secara langsung akibat pandemi. Sehingga, selama 24 jam pada tiap hari Jumat, Bandcamp pun telah mendonasikan 100% dari hasil penjualan mereka ke berbagai musisi, label, hingga kru dan pekerja lainnya yang terkena dampak finansial. Setelah melihat kesuksesan dari inisiatif yang berhasil meraih lebih $4 juta hingga untuk para musisi dari Mei hingga Juni, Bandcamp pun memutuskan untuk memperpanjang inisiatif “Bandcamp Fridays” ini.

Tak hanya itu, semenjak pandemi dan diluncurkannya inisiatif “Bandcamp Fridays”, para penggemar musik pun semakin berinisiatif dalam memberi donasi kepada musisi dan berbagai label rekaman independen secara langsung melalui profil mereka. Untuk mempermudah pengguna dan musisi Bandcamp di berbagai negara, platform tersebut juga sediakan panduan mengenai slot waktu program “Bandcamp Fridays” melalui sebuah situs.

Selain mengulurkan tangan bagi para musisi di tengah pandemi, Bandcamp juga sebelumnya turut andil dalam memberi dukungan kepada gerakan sosial Black Lives Matter melalui sebuah penggalangan donasi. whiteboardjournal, logo