Quick Review: Anna Karenina

Film
05.02.18

Quick Review: Anna Karenina

Di pengujung abad 19 di Rusia, seorang aristokrat Anna Karenina mengalami situasi rumit setelah menjalani hubungan gelap dengan Count Alexei Vronsky.

by Febrina Anindita

 

Teks: Ibrahim Soetomo
Foto: Mubi

Kehidupan Anna Karenina tidak bahagia. Ia tidak merasakan cinta dari suaminya Alexei Karenin yang sibuk menjabat di pemerintahan Rusia, padahal sudah 9 tahun mereka menikah. Suatu hari di musim dingin, Anna berkunjung ke Moskow untuk membantu mendamaikan kehidupan keluarga kakaknya Oblonsky. Di sana ia tak sengaja bertemu Alexei Vronsky, dan ia jatuh cinta. Anna mengira bahwa cintanya pada Vronsky adalah kunci kebahagiaan yang tidak didapatinya dari Karenin, namun semenjak itu ia malah menghadapi situasi rumit di kalangan aristokrat Rusia karena hubungan gelapnya.

“Anna Karenina” diadaptasi dari novel Leo Tolstoy dengan judul yang sama oleh Joe Wright dan Tom Stoppard. Ceritanya rumit, namun film ini cukup berhasil mengadaptasinya dengan gaya teatrikal dan mempertahankan sisi dramatisnya. Namun, alur ceritanya dirasa terlalu cepat, sehingga ada beberapa plot kopong di filmnya. Hal ini juga menyebabkan kita tidak bisa menikmati penampilan kuat para aktor (Keira Knightley memerankan sosok Anna dengan baik), sehingga tak jarang film ini terasa datar di beberapa adegannya. Film ini memang tidak begitu sukses menangkap esensi cerita karangan Tolstoy, namun tetap merupakan adaptasi yang menarik.

Quick Review Anna Karenina: 3/5

Anna Karenina (2012)
Sutradara: Joe Wright
Sinopsis: Di pengujung abad 19 di Rusia, seorang aristokrat Anna Karenina mengalami situasi rumit setelah menjalani hubungan gelap dengan Count Alexei Vronsky.

whiteboardjournal, logo

Tags