Gimme 5: Film yang Menginspirasi Musik Mondo Gascaro

Ideas
27.04.18

Gimme 5: Film yang Menginspirasi Musik Mondo Gascaro

Dari “Taxi Driver” sampai “The Last Tango in Paris”.

by Whiteboard Journal

 

Teks: Livina Veneralda

Selepas Sore, Mondo Gascaro kian memantapkan solo karirnya dengan karakter yang begitu mencolok di antara musisi lokal lainnya. Lewat proyek solonya, ia pun hadir dengan konsep yang teduh dan tenang, serta kerap menyisipkan kejutan tak terduga pada tiap lagunya lewat melodi yang kaya. Walau dikenal terinspirasi oleh musisi legendaris seperti The Beatles dan Antonio Carlos Jobim, Mondo pun mengaku terinspirasi oleh film-dilm dengan scoring megah nan mendayu. Untuk itu, pada episode gimme 5 kali ini, kami menanyakan 5 film yang menginspirasinya dalam bermusik.

TAXI DRIVER (dir. Martin Scorsese / music by Bernard Herrmann)

Travis Bickle dan kota New York mendapatkan nafasnya lewat musik ilustrasi Bernard Herrmann. Aransmen tiup dan perkusi/drums menggambarkan dinamika kota dan orang-orangnya. Buat saya pribadi, ini salah satu musik film terbaik.

YOJIMBO (dir. Akira Kurosawa / music by Masaru Sato)

Kurosawa selalu detil menggunakan ruang bunyi dalam film-filmnya. Sound fx dan musik berinteraksi saling bertukar peran. Masaru Sato berhasil menabrakkan elemen-elemen musik jazz atau big band, harpsichord, dan musik tradisional Jepang dalam film samurai ini. Masaru Sato buat saya adalah salah satu komposer film yang paling menginspirasi dalam membuat musik, bukan hanya musik untuk film, tapi secara keseluruhan.

ENTER THE DRAGON (dir. Robert Clouse / music by Lalo Schifrin)

Semua film-film Bruce Lee tersimpan dalam memori masa kecil dan kerap menjadi sumber inspirasi yang sewaktu-waktu datang. Tapi “Enter the Dragon” yang paling kuat secara musik dan visual. Bayangkan blaxploitation, kung fu, Hong Kong, serta rempah-rempah Thailand diracik oleh seorang komposer Argentina.

LET IT BE (dir. Michael Lindsay Hogg / music by The Beatles)

Film dokumenter pembuatan album “Let It Be”. Meski di beberapa segmen isinya perdebatan antara personil Beatles dan suasana rekaman yang tidak kondusif, melalui film ini saya pertama kali mengintip proses kreatif pembuatan album, dari mulai songwriting, workshop aransmen dan lain-lain. Kita bisa melihat proses awal beberapa masterpiece dari album “Abbey Road”, seperti “Maxwell’s Silver Hammer”, dan “Octopus’s Garden”.

THE LAST TANGO IN PARIS (dir. Bernardo Bertolucci / music by Gato Barbieri)

Sensual, romantic dan edgy. Tema saxophone Gato Barbieri, tekstur tango dan orkestrasi Oliver Nelson selalu membuat saya berpikir, wish I did that.

 whiteboardjournal, logo