Quick Review: Cat Soup

14.08.17

Quick Review: Cat Soup

by Febrina Anindita

 

Teks: Fransisca Bianca
Foto: YouTube

Sebuah film animasi pendek Jepang yang mungkin membutuhkan sedikit waktu lebih untuk dipahami. Bercerita tentang petualangan seekor kucing bersama saudaranya menghadapi segala rintangan dalam perjalanannya untuk bisa kembali pulang setelah sebuah bencana melanda tempat tinggalnya. Sejenak mungkin ringkasan kisahnya tidak terlihat luar biasa. Namun percayalah, terlalu banyak surealisme dan analogi sepanjang alurnya untuk bisa ditelan mentah-mentah.

Mungkin cara terbaik untuk bisa mendeskripsikan nuansa yang mewarnai film ini ialah skeptisisme, di samping surealisme dan sedikit bumbu melankolia. Satu cara untuk mempersepsikan pemaknaan dari keseluruhan film mungkin semudah pengisahan dengan analogi Tuhan, dunia, kasih sayang dalam keluarga, hubungan sebab-akibat dalam semesta, hingga keserakahan manusia. Dan tentunya, masih banyak pemaknaan yang bisa lahir untuk memahami animasi ini.

Mengapa skeptis adalah hal pertama yang muncul dalam impresi animasi ini? Karena nuansa yang menghujani film dari awal hingga akhir sangat sulit untuk disebut bahagia. Mungkin satu-satunya yang menjadi penanda adanya harapan dalam film ini ialah di bagian mendekati akhir film yang menggambarkan kekuatak sentuhan kasih sayang yang mampu menghidupkan saudara sang kucing dari keadaan ‘mati.’ Walau durasinya tidak panjang, ada baiknya siapkan mental dan waktu luang untuk menonton film ini.

Quick Review Cat Soup: 4/5

Cat Soup (2001)
Sutradara: Tatsuo Sato
Sinopsis: Seekor kucing dan saudaranya mengalami sebuah petualangan surealis demi mengembalikan nyawa saudaranya dari kematian. whiteboardjournal, logo