Sanchia Hamidjaja Menginisiasi Proyek Komik Bertema Kehidupan Ibu Rumah Tangga

Art
29.03.18

Sanchia Hamidjaja Menginisiasi Proyek Komik Bertema Kehidupan Ibu Rumah Tangga

Sanchia Hamidjaja mengadakan penggalangan dana untuk proyek terbarunya yang berjudul “Seragam Merah Jambu (In Pink Uniform)”.

by Febrina Anindita

 

Teks: Vania Almira
Foto: Sanchia Hamidjaja

Seorang seniman visual dan ilustrator asal Jakarta, Sanchia Hamidjaja mengadakan penggalangan dana untuk proyek terbarunya yang berjudul “Seragam Merah Jambu (In Pink Uniform)”. Dalam proyek ini, Sanchia akan menggarap sebuah novel grafis yang terinspirasi oleh peranan ibu rumah tangga yang hidup dalam lingkungan dan situasi ekstrem. Awalnya, proyek ini lahir dari pengalaman pribadinya sebagai seorang ibu, yang kemudian ia perluas dengan mengambil perspektif cerita dari para perempuan lainnya.

Uniknya, pertemuan Sanchia dengan seorang ibu yang hidup sebagai seorang istri dari anggota Brimob yang sempat tinggal di Aceh dan menjadi anggota Bhayangkari ini mengubah haluan proyek komiknya. Tanpa disadari, novel grafis yang semulanya akan dibuat secara ringan, mulai mengangkat beragam isu yang lebih dalam, seperti masalah gender dan sosial politik. Adapun komik ini akan membahas tentang peranan seorang ibu dan istri, situasi politik Indonesia, efek korupsi dan kemanusiaan, feminisme, hingga mengulas tentang wilayah Aceh pasca konflik dan tsunami. Komik ini juga akan bekerjasama dengan seorang anggota Bhayangkari Kepolisian Indonesia yang akan membahas peranan perempuan dalam kondisi rumah tangga dengan keanekaragaman kultur.

Proyek komik yang telah dikerjakan sejak bulan Juli 2017 ini telah berada dalam tahap draft naskah jilid 1 dan 2. Durasi proyek yang akan dilakukan dalam waktu yang cukup singkat, yakni 9 bulan, sangat memerlukan dukungan yang penting dari masyarakat dalam bentuk fasilitas-fasilitas seperti menyewa studio, biaya tim produski dan cetak, akses riset, serta bimbingan penulisan naskah. Melalui kanal Cipta Media Ekspresi, Sanchia membutuhkan dana hibah sebesar 150 juta, dimana hal ini akan sangat membantu proses dalam menggarap karyanya.

Klik di sini untuk menghibahkan dana guna merealisasikan proyek komik Sanchia.whiteboardjournal, logo

Tags
art