Usaha Jezenia Romero Mengembalikan Kejayaan Era Mixtape Dalam Bentuk Kaset

Music
10.05.18

Usaha Jezenia Romero Mengembalikan Kejayaan Era Mixtape Dalam Bentuk Kaset

Usaha yang dilakukan oleh perempuan asal Amerika, Jezenia Romero, untuk menghidupkan kembali cara jadul dalam menikmati musik dengan membuat label yang khusus merilis mixtape dalam bentuk kaset, bernama Bunny Jr.

by Amelia Vindy

 

Foto: i-D magazine

Hingga hari ini, meskipun kita sudah hampir memasuki pertengahan tahun 2018 – dimana semuanya serba instant, namun di sisi lain tahun 90-an masih dianggap sebagai salah satu era terbaik yang terus idolakan. Mulai dari cara berpakaian hingga budaya analog sering kali diadaptasi seolah tidak diperbolehkan untuk punah. Begitu pula usaha yang dilakukan oleh perempuan asal Amerika, Jezenia Romero, untuk menghidupkan kembali cara jadul dalam menikmati musik dengan membuat label yang khusus merilis mixtape dalam bentuk kaset, bernama Bunny Jr.

Meskipun ketinggalan zaman, bagi Jezenia mixtape dapat memberikan pesan yang lebih personal, karena lewat kumpulan lagu tersebut juga terselipkan cerita dan narasi dari pembuatnya. Mixtape pertama yang dibuat oleh Jezenia sendiri adalah kumpulan lagu dari salah satu program radio favoritnya yakni “Art Laboe Connection” yang diberi judul “Hot 92.3 Old School” dan secara tidak langsung mixtape ini menjadi mini arsip bagi Jezenia.

Lewat Bunny Jr, Jezenia menjadikan mixtape sebagai rilisan fisik yang dapat mewakili perasaan dan personaliti pembuatnya. Selain itu, Bunny Jr juga membuka kesempatan untuk bisa berkolaborasi dengan visual artists dan membuat cover artwork untuk mixtape-nya. Meskipun saat ini mendengarkan kaset bukanlah hal yang mudah, namun baginya justru hal tersebutlah yang menjadi daya tarik dari mixtape di era ini. Dan lewat persimpangan interdisipliner seperti ini, para penikmat musik bisa punya pengalaman unik saat ingin mendengarkan lagu.whiteboardjournal, logo