Saat Kita Sibuk Nonton Bola, M. Zuhri Menjadi Juara Dunia

Sports
13.07.18

Saat Kita Sibuk Nonton Bola, M. Zuhri Menjadi Juara Dunia

Lalu Muhammad Zuhri telah berhasil mengharumkan nama bangsa dengan menjadi atlet kartu liar yang meraih kejuaraan dunia lari cepat 100M.

by Emma Primastiwi

 

Foto: Mentari

Finlandia, Rabu 11 Juli 2018 merupakan hari yang monumental bagi Lalu Muhammad Zuhri, atlet lari asal Indonesia yang mewakili negara dalam Kejuaraan Dunia U20 IAAF di Tampere, Finlandia. Lalu Zuhri telah berhasil mengharumkan nama bangsa dengan menjadi atlet kartu liar yang meraih kejuaraan dunia lari cepat 100M.

Zuhri berhasil meraih kejuaraan dunia, mengalahkan dua juara andalan Amerika Serikat, Eric Harrison, Anthony Schwartz dan juga juara asal Inggris, Dominic Ashwell. Dalam 32 tahun sejarah Kejuaraan Dunia U20 IAAF, penampilan terbaik seorang atlet Indonesia adalah juara kedelapan di 100M heats, pada edisi perdana tahun 1986, tetapi kejuaraan Zuhri telah merubah itu semua.

Dengan catatan waktu 10.18, Zuhri berhasil mengalahkan Anthony Schwartz dan Eric Harrison yang keduanya mempunyai catatan waktu 10.22, disusul oleh Thembo Monareng dari Afrika Selatan dengan catatan 10.23, dan juara andalan Inggris Dominic Ashwell dengan 10.25.

I will party tonight!” ujar Zohri kepada IAAF, “I’m very happy with my PB and national junior record. Now, I will prepare for the Asian Games next month. I’m so proud – this was an amazing experience and this is great for my career.

Zohri akan kembali bertanding di Asian Games 2018, di Jakarta bulan depan. whiteboardjournal, logo