Unit Lab Membuat Taman Bermain Anamorfik untuk Sebuah Sekolah Dasar di London

Design
06.10.18

Unit Lab Membuat Taman Bermain Anamorfik untuk Sebuah Sekolah Dasar di London

Ditujukan untuk menjadi laboratorium outdoor yang memperkenalkan anak-anak tentang optik dan cahaya.

by Emma Primastiwi

 

Foto: Dezeen

Untuk pertama kalinya, Unit Lab membuat taman bermain yang anamorfik dalam upaya unik untuk memperkenalkan science pada anak-anak. Taman bermain unik ini berada di sekolah dasar Eleanor Palmer yang terletak di Kentish Town, London.

Lewat permainan perspektif dan distorsi visual, rancangan ini sengaja memperlihatkan permainan yang terdapat di taman bermain biasa tetapi dengan bentuk tidak biasa saat dilihat dengan mata telanjang. Justru lewat cermin lengkung yang tersebar di sekitarnya, taman akan terlihat normal. Unit Lab pun menjelaskan bahwa pembuatan taman bermain ini ditujukan untuk menjadi laboratorium outdoor yang memperkenalkan anak-anak tentang optik dan cahaya.

Selain perosotan dan jungkat-jungkit di taman bermainnya, terdapat juga meja gambar dengan cermin silindris yang terletak di tengahnya, sehingga anak-anak dapat bereksperimen dengan membuat gambar-gambar anamorfik mereka sendiri. Dengan dua macam fungsi, taman bermain ini merupakan bagian dari laboratorium science terbaru sekolah dasar Eleanor Palmer yang dirancang oleh AY Architects, studio arsitektur yang telah meraih berbagai penghargaan. Selain itu, laboratorium ini juga mempunyai gudang disko bertenaga sepeda, yang dibangun oleh Electric Pedals.

Para pendiri Unit Lab, Vanis dan Cindy Strobach mengungkapkan bahwa mereka mengambil inspirasi terbesar mereka dari sebuah eksebisi yang sempat dipamerkan di museum Victoria & Albert yakni Museum of Childhood. Ditambah itu, pembuatan taman bermain ini bukanlah wilayah tidak biasa bagi duo ini, karena mereka berdua telah mempunyai misi untuk mengeksplorasi berbagai cara untuk menggabungkan science dengan kehidupan sehari-hari. whiteboardjournal, logo