Di Antara Vine dan YouTube, Giphy Membuat Platform Video Pendek Baru

Film
13.11.18

Di Antara Vine dan YouTube, Giphy Membuat Platform Video Pendek Baru

Walau belum diresmikan, platform ini telah menampilkan 118 karya dari Giphy Film Fest.

by Emma Primastiwi

 

Foto: The Verge

Sebagai upaya untuk terus menjunjung semangat inovasi, setelah pergelaran Giphy Film Fest, Giphy akan meluncurkan platform video pendek pertamanya. Walau belum diresmikan, peluncuran platform baru ini telah menampilkan 118 video karya finalis dari Giphy Film Fest. Menyerupai konsep Vine dan YouTube, platform terbaru ini jatuh di antara keduanya, menyajikan konten video maksimal sepanjang 30 detik.

Giphy Film Fest digelar tanggal 8 November lalu di New York dan menampilkan serangkaian kreasi video pendek dari submisi ribuan pesertanya. Para peserta festival ini juga dapat memilih antara berbagai kategori seperti Period Piece, Narrative, Experimental, Stop Motion dan Animated, yang akan dikemas dalam satu video sepanjang 18 detik. Untuk memilah dan mengkurasi hasil akhir dari submisi peserta, terdapat juga berbagai juri ternama dari ranah kreatif – antaranya adalah Casey Neistat, Rajendra Roy, Alex Bodman dan masih banyak lagi.

“Giphy is now looking to the future — the future of entertainment itself —and believes an important part of this will be micro-entertainment,”. Walau percaya bahwa platform ini merupakan masa depan dari entertainment, Giphy bukanlah media pertama yang berupaya untuk menyuguhkan platform video pendek ini. Konsep video pendek tersebut telah lama berjaya di platform lain seperti Instagram story, Snapchat, juga pelopornya Vine.

Kiranya, peluncuran platform terbaru Giphy bisa juga menandakan salah satu cara mereka untuk bereksperimen dengan berbagai format media baru. Dengan itu, jelas terlihat bahwa rilisan awal ini bukan hanya bertindak sebagai wadah untuk hasil karya Giphy Film Fest, tetapi juga sebagai preview dari platform yang akan hadir di tahun 2019 mendatang.

via GIPHYwhiteboardjournal, logo