Keith Haring Segera Hadirkan Pameran Retrospektif Perdananya di Inggris Pada 2019

Art
18.11.18

Keith Haring Segera Hadirkan Pameran Retrospektif Perdananya di Inggris Pada 2019

Pameran ini akan merangkum secara masif perjalanannya berkutat di dalam skena seni kontemporer semasa hidup.

by Whiteboard Journal

 

Teks: Wienda Putri Novianty
Foto: Keith Haring

Sebagai perkenalan dirinya dengan para  penikmat seni di Inggris, Keith Haring, akan segera menggelar pameran retrospektif untuk pertama kalinya di Liverpool, Inggris. Bersanding dengan nama-nama besar seperti Andy Warhol dan Jean-Michel Basquiat, Haring hadir dengan gebrakan ikoniknya lewat karya-karya sensitif yang dengan lugas mengangkat isu-isu urgensi seperti AIDS, rasisme, perang, kerusakan lingkungan, police brutality hingga opioid addiction.

Berlokasi di galeri Tate, Liverpool, pameran Keith Haring ini akan merangkum secara masif perjalanannya berkutat di dalam skena seni kontemporer semasa hidup. Sebanyak 85 karya mencakup dokumen, video, instalasi hingga arsip yang belum pernah dihadirkan akan dipamerkan di sini. Tak ketinggalan, karya “Crack is Wack” mural, poster anti-Apartheid hingga instalasi “Black Light” dengan sinar UV akan hadir menggenapi serangkaian pameran retrospektif Keith di Liverpool.

Melihat kesamaan semangat aktivisme, keadilan sosial, kecintaan terhadap musik serta fashion yang hadir dalam budaya Inggris dengan Keith Haring, sepertinya relevansi dalam pameran ini mampu menghidupi sentimen penikmatnya lewat guratan karya-karya Haring yang personal.

Pameran Keith Haring akan segera dihelat pada 14 Juni hingga 19 November 2019 mendatang dan Tate Liverpool, Inggris.whiteboardjournal, logo