Habibi Funk Merekam Perjalanan Ahmed Malek Melalui Dokumenter “Planet Malek”

Music
19.12.18

Habibi Funk Merekam Perjalanan Ahmed Malek Melalui Dokumenter “Planet Malek”

Persembahan Habibi Funk kepada salah satu komposer dan musisi legendaris berdarah Algeria, Ahmed Malek.

by Whiteboard Journal

 

Teks: Wienda Putri Novianty
Foto: Next Liberation

Setelah dikenal lewat kompilasi musik-musik Arabic Funk Jazz era 70-an, Habibi Funk, menghadirkan film dokumenter pertamanya sebagai penghormatan kepada seorang musisi/komposer ternama, Ahmed Malek. Bertajuk “Planet Malek – Ahmed Malek Documentary”, film berdurasi 20 menit ini menceritakan secara mendalam perjalanan kisah hidup seorang Ahmed Malek melalui koleksi-koleksi kenangan intim bersama keluarganya.

Ahmed Malek sendiri merupakan seorang komposer dan musisi berdarah Algerian. Kepiawaiannya dalam meracik musik telah mengantarkan dirinya dengan progresi fusi musik yang meleburkan komposisi tradisional Arab dengan sentuhan jazz, rock psychedelic dan funky R&B. Jelas pada masanya, Malek hadir mempelopori musik Arab dengan aksentuasi yang super funky.

Dalam cuplikan trailer berdurasi kurang lebih satu menit ini, film ini siap mengajak para penonton menyelami palung nostalgia bersama keluarganya Malek. Paloma Colombe selaku sutradara akan menyorot  bagaimana cuplikan trailer hadir menelisik lembaran demi lembaran foto perjalanan Malek berkutat dengan musiknya. Beberapa narasi singkat melengkapi sekilas cerita kecintaannya terhadap musik yang telah membawa dirinya sebagai seorang komposer termutakhir di eranya.

Ada banyak hal personal yang siap disuguhkan di film “Planet Malek – Ahmed Malek Documentary”. Dengan sentuhan tersebut, penonton bisa merasakan perjalanan bermusik Ahmed Malek selama masa hidupnya.

Dokumenter “Planet Malek – Ahmed Malek Documentary” akan segera dirilis pada 18 Desember 2019 mendatang.whiteboardjournal, logo