Dominasi Amazon Dikabarkan Akan Meluas ke Layanan Streaming Game

Media
13.01.19

Dominasi Amazon Dikabarkan Akan Meluas ke Layanan Streaming Game

Amazon mulai melihat peluang untuk benar-benar menjadi pemain dalam industri gaming.

by Whiteboard Journal

 

Teks: Vestianty
Foto: Channel News

Amazon memiliki reputasi yang layak untuk merambah industri apapun yang menjadi sasarannya. Namun, catatan keberhasilan dari usaha-usaha yang telah dijalankan untuk industri lainnya jauh dari kata sempurna. Online retailer ini telah menghabiskan bertahun-tahun ragu untuk mencoba bisnis gaming dengan sedikit hal yang bisa ditunjukkan. Saat kemudian bidang permainan streaming luas terbuka, Amazon mulai melihat peluang untuk benar-benar menjadi pemain dalam ranah ini.

Layanan streaming game paling penting yang sudah ada sekarang adalah Playstation Now. Sony jelas terdepan di kelasnya, namun layanan yang diberikan menawarkan game tua yang selalu memiliki masalah kinerja. Itu semua masih bisa berubah dan berkembang segera. Dan menurut laporan terbaru, Amazon berharap untuk berkutat dalam dunia cloud-gaming bersama pesaing terdekatnya Google dan Microsoft.

Amazon sudah memiliki beberapa perangkat dukungan untuk menjalankan rencananya. Mulai dari Amazon Fire TV yang merupakan platform gaming Amazon yang dirilis di tahun 2014 dan layanan live streaming video Twitch yang menjadi platform andalan dalam bermain game. Amazon juga memiliki Amazon Web Services (AWS) cloud computing yang didedikasikan untuk bekerja sama dengan para game publisher. Semua ini merupakan pertanda kuat bagaimana Amazon telah dengan cepat mengintegrasikan teknologi ke dalam infrastrukturnya, dan sudah memiliki semua alat yang diperlukan untuk membangun layanan konsumen sendiri.

Sudah pasti Amazon butuh waktu untuk pengembangannya. Tapi akankah usaha Amazon kali ini di industri gaming akan menghasilkan dampak yang signifikan?  whiteboardjournal, logo