Portable Modular Synth Asal Stockholm Hadir dengan Harga Murah

Music
05.02.19

Portable Modular Synth Asal Stockholm Hadir dengan Harga Murah

Modular portable yang disebut-sebut sebagai ‘poor man’s modular’ synthesizer dengan jajaran unit modular perakitan mandiri.

by Whiteboard Journal

 

Teks: Vestianty

Foto: Dezeen

Di mulai pada era 2000-an, suara unik dari synthesizer analog kembali hadir ke dalam tren. Dalam tampilan synth yang terkini, mesin drum dan sequencer yang ditambahkan dengan pendukung seperti mixer, ampli, perekam multitrack, serta periferal lainnya yang mulai muncul dari industri teknologi. Tentunya semua hadir dengan sentuhan kontemporer menjadikan synth tampil bertubuh kecil serta berbiaya rendah. Tapi berbeda dengan Teenage Engineering, yaitu perusahaan elektronik berbasis di Stockholm yang hadir untuk menawarkan alternatif tersebut serta melengkapi produknya dengan nilai estetika di samping fungsionalitasnya. Mereka baru saja merilis sistem modular portable yang disebut-sebut sebagai ‘poor man’s modularsynthesizer dengan jajaran unit modular perakitan mandiri yang dinamakan “16”, “170” serta “400”.

Dimaksudkan untuk menjadi titik pembaruan synthesizer yang lebih terjangkau, synthesizer modular kali ini merupakan synthesizer analog portable yang menggunakan sirkuit dan sinyal analog untuk menghasilkan suara elektronik. Tersedia dalam tiga ukuran dan warna, dengan harga mulai dari 149 hingga 499 USD. Dengan terciptanya perangkat ini, Teenage Engineering ingin menawarkan produk entry-level yang dapat digunakan oleh musisi yang tidak perlu memiliki uang untuk berbelanja sistem modular standar seharga sekitar 5,700 USD.

Untuk menjaga harga tetap rendah, semua sistem hadir dengan lembaran aluminium sasis tipis yang dapat ditekuk sebagai dasar rangka untuk ketiga modulator ini. Selain menyediakan bingkai lebih murah, lembaran aluminium dapat dengan mudah dibongkar dan dipasang kembali sesuai dengan kebutuhan pengguna. Sistem ini hadir dalam paket flat-pack yang siap untuk dirakit. Dengan menggunakan jack 3,5mm dan spesifikasi modular standar, semua unit dapat dimasukkan pada pengaturan format Eurorack yang ada. Serta untuk modulator “400” dan “170,” keduanya juga dilengkapi dengan kabel patch.

Semua kit dilengkapi dengan 70 halaman panduan yang akan menunjukkan cara merakit tiap bagian sehingga seseorang dapat dengan mudah untuk mulai membuat musik dengan segera. Semua perangkat telah tersedia untuk dibeli di situs Teenage Engineering, dan perusahaan juga mengatakan bahwa opsi modul tambahan akan segera datang pada akhir tahun ini.whiteboardjournal, logo