Who, What, Why: Dwiky Aditama

Design
21.02.19

Who, What, Why: Dwiky Aditama

Mempersembahkan karya eklektik berbau sci-fi bagi gelaran lokal sampai NASA.

by Whiteboard Journal

 

WHO

Berbasis di Surabaya, Dwiky Aditama atau Dwiky KA merupakan seorang ilustrator muda yang dikenal dengan gaya artistik eklektik, penuh dengan tema ekstraterestrial. Selain mengambil inspirasi besar dari estetika komik era tahun 50-an, ilustrasi Dwiky KA juga dijiwai oleh esensi fiksi ilmiah.

WHAT

Berkat keunikan gaya ilustrasinya, ia telah berhasil memikat perhatian publik – mulai dari gelaran musik lokal, pameran lokal sampai kolaborasi dengan majalah Provoke. Tidak hanya sibuk membuat poster dan cover untuk gelaran musik dan musisi lokal, ia mempunyai daftar prestasi yang cukup panjang. Berkat unsur utama karyanya yakni tema sci-fi dan ekstraterestrial, ia pernah diundang untuk memamerkan karyanya di Jogja National Museum di acara Search for Extra-terrestrial Intelligence (S.E.T.I). Prestasi tersebutlah yang juga mendorongnya untuk membuat karya yang akhirnya menjadi ilustrasi pilihan bagi kerja sama Indonesia Space Science Society (ISSS) dan NASA. Tidak berhenti di situ, ia baru saja merilis kolaborasi terbarunya berbentuk lini pakaian dengan brand lokal, Elhaus.

WHY

Telah memiliki ketertarikan terhadap komik, film dan segala karya yang berbau science fiction, Dwiky KA terdorong untuk mulai berkarya. Sembari memantapkan gaya artistiknya yang unik ini, ia menjalani eksplorasi karya-karya sci-fi dan juga pengetahuan ilmiah. Melalui eksplorasi tersebut, ia menemukan keberagaman sudut pandang yang disuguhkan dalam karya-karya tersebut – dimana posisi antara realita dan fiksi itu relatif. Berkat eksplorasi tersebut, Dwiky KA berhasil memisahkan diri sebagai salah satu ilustrator yang karyanya patut dipantau. whiteboardjournal, logo