Calvin Klein Kini Hanya Akan Berfokus Membuat Koleksi Denim dan Underwear

Fashion
12.03.19

Calvin Klein Kini Hanya Akan Berfokus Membuat Koleksi Denim dan Underwear

Runway collection ke depannya tidak akan lagi disajikan.

by Whiteboard Journal

 

Teks: Vestianty
Foto: Elle

Pada akhir tahun lalu, diumumkan bahwa Raf Simons mengundurkan diri sebagai kepala petugas kreatif Calvin Klein. Sejak label ini melewatkan musim AW19 NYFW, publik telah menunggu berita tentang siapa yang akan menggantikan desainer di puncak label Amerika tersebut. Namun sekarang telah terungkap bahwa merek ini tidak akan lagi menyajikan runway collection ke depannya.

Merek fashion Amerika Calvin Klein telah mengumumkan bahwa mereka menutup bisnis koleksi mewahnya. Sebagai gantinya, mereka akan berfokus pada kategori yang ada, termasuk denim dan pakaian dalam. Itu terjadi setelah kepergian tak terduga direktur kreatif Calvin Klein, Raf Simons – sebelumnya Christian Dior dan Jil Sander – akhir tahun lalu. Perancang yang mengubah nama kategori dari Calvin Klein Collection menjadi Calvin Klein 205W39NYC, memotong kontraknya yang akan berakhir Agustus tahun ini tak lama setelah CEO perusahaan induk PVH Corp, Emanuel Chirico, mengatakan ia “kecewa dengan kurangnya pengembalian investasi kami di bisnis Calvin Klein 205W39NYC.”

Setelah keluarnya Simons, perusahaan mengatakan pada bulan Januari bahwa mereka berencana untuk mengubah citra dan mencari pengganti. Keputusan mereka untuk sekarang ini adalah menghentikan koleksi seluruhnya, serta menutup toko di New York yang dilaporkan akan menghasilkan 100 redudansi di seluruh New York dan Milan, Italia. Ada juga rencana untuk menutup kantornya di Milan.

Dikutip dari Guardian, sebuah sumber mengatakan bahwa merek ini masih berencana untuk memproduksi pakaian VIP untuk red carpet dan sedang mencari satu orang untuk mengambil tanggung jawab untuk desain-desain itu serta kategori yang tersisa. Belum diputuskan apakah mereka akan hadir di NYFW pada bulan September mendatang. Sumber itu mengatakan bahwa label “tidak akan berjalan jauh dari produk aspiratif sebelumnya, namun melihat label melalui lensa yang berbeda”.

Simons yang bergabung dengan perusahaan pada tahun 2016 dan diberi kendali kreatif penuh atas lini-lini produk, termasuk Calvin Klein Collection, Calvin Klein Platinum, Calvin Klein, Calvin Klein Jeans, Calvin Klein Underwear dan Calvin Klein Home dengan tujuan untuk menyatukannya di bawah satu penglihatan. Selain mengubah nama, di bawah Simons, set runway yang dipenuhi popcorn lengkap dengan latar gudang yang berhasil menyuguhkan sesuatu yang berseni, terarah, serta membangkitkan pemikiran untuk Fall NYFW 2018 bagi label ikonis, Calvin Klein.

Apakah langkah yang diambil Calvin Klein ini mampu membuatnya tetap berkarakter sebagai sebuah brand?whiteboardjournal, logo